Suasana pelaksanaan Musdes untuk merancang pembangunan 2020 di Desa Patumbak Kampung/foto : malkan

Onlinesumut-PATUMBAK : Untuk merumuskan pembangunan pada tahun 2020 mendatang, Desa Patumbak Kampung, sebagai salahsatu wilayah di Kecamatan Patumbak, Kab. Deliserdang, menggelar kegiatan Musyawarah Desa (Musdes), Rabu (6/11/2019).

Dalam kegiatan yang digelar di Aula kantor Desa Patumbak Kampung, tampak hadir Camat Patumbak Danang P Yuda, Kasi PMD Nana Diana, Kades Ahmad Arifin SH , Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa, Babinsa, Babinkamtibmas, BPD, LKMD, PKK, Kepala Dusun, Perangkat Desa, Karang Taruna, FKDM, juga tokoh masyarakat.

Dimulai pada pukul 09.30 WIB, kegiatan ini terlihat diawali dengan beberapa sambutan, mulai dari Kepala Desa, Camat, Ketua BPD Desa, LKMD dan PKK.

Kepada Desa Patumbak Kampung Ahmad Arifin SH selaku pimpinan musyawarah menyampaikan beberapa poin yang akan dibahas, diantaranya mekanisme penyusunan RKP-Desa, pencermatan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMdes), sosialisasi terkait Pemendagri No 114 Tahun 2014 serta Permendagri No 20 Tahun 2018, juga agenda terkait penyusunan Tim Penyusun RKP serta penyusun Tim Verifikasi.

Camat Patumbak dan Kades Patumbak Kampung bersama Pendamping Desa juga Babinsa, Bhabinkabtimas Saat Musdes/foto : Malkan

Diketahui, materi Sosialisasi Permendagri No 20 Tahun 2018 disampaikan adanya beberapa perbedaan yang terdapat pada Permendagri ini (Permendagri 20 Tahun 2018) dengan Permendagri sebelumnya (Permendagri 114 Tahun 2014), perbedaan ini antara lain pada permendagri sebelumnya “Kepala Desa dalam melaksanakan pengelolaan keuangan desa, dibantu oleh PTPKD” yang dimana PTPKD sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 ayat (3) berasal dari unsur Perangkat Desa,terdiri dari; a. Sekretaris Desa; b. Kepala Seksi; dan c. Bendahara. Sementara itu dalam permendagri yang baru “Kepala Desa adalah PKPKD dan mewakili Pemerintah Desa dalam kepemilikan kekayaan milik Desa yang dipisahkan” .
PPKD terdiri atas :
a. Sekretaris Desa
b. Kaur dan Kasi, dan
c. Kaur keuangan.

Dalam kesempatan ini juga dilakukan pencermatan kembali dari RPJM Desa 2014-2019 tahun ke 6 yang belum bisa terlaksana pada masa pemerintahan Kepala Desa.

Berhubungan dengan hal ini kemudian dilakukan pembentukan Tim Penyusun Rencana Kerja Pemerintah Desa 2019 yang bertugas untuk melakukan penyusunan rencana pembangunan Desa Tahun 2019, berdasarkan hasil musyawarah kemudian disetujui bahwa Ketua Tim Penyusun RKP Desa adalah Sekretaris Desa, Ketua LPM Desa, Sekretaris Tim, kemudian anggota Tim Penyusun RKP berasal dari perwakilan masing-masing Dinas yang ada di Desa, anggota tim kemudian berjumlah 9 orang.

Tim verifikasi juga berasal dari perwakilan masing-masing Dinas. Tim ini nantinya akan bertugas memverifikasi terkait kebenaran usulan yang disampaikan oleh berbagai lapisan masyarakat.

“Kami harap, apa yang sudah di musyawarakan ini nantinya bisa berjalan dengan baik dan mari kita sama-sama menciptakan, membangun desa patumbak kampung ini menjadi desa yang indah, berseri, relijius dan bermartabat,” tandas Arifin.

Sementara itu Camat Patumbak, Danang mengatakan bahwa Desa Patumbak Kampung adalah desa pertama ketika mau memasuki Kec. Patumbak. Untuk itu Danang mengimbau, kepada para kepala dusun wajib mempunyai buku panduan tentang domisili warganya.

“Lakukan pendataan kependudukan sebaik mungkin,jadikan Desa Patumbak Kampung menjadi desa yang sejahtera, mari kita berpikir untuk membuat desa kita aman, nyaman dan tentram,” pungkasnya.

Penulis : Malkan Nst
Editor : Chairul

 

ID:2633 Responsif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here