Lokasi SMA Negeri 8 Medan di Jl. Sampali, Kel. Pandau Hulu II, Kec. Medan Area/foto : dis

Onlinesumut-MEDAN : Tidak adanya tindakan tegas dari Gubernur Sumatera Utara melalui jajarannya baik Kadis Pendidikan ataupun Inspektorat terkait indikasi keberadaan puluhan siswa siluman, membuat pimpinan di SMA Negeri 8 Medan semakin merajalela.

Informasi terbaru, menyusul 22 siswa siluman yang diungkap secara exlusive oleh onlinesumut, kini terendus kembali nama baru yang semakin memperpanjang daftae siswa siluman di sekolah yang terletak di Jl. Sampali, Kel. Pandau Hulu II, Kec. Medan Area tersebut.

Disebut-sebut, siswa tersebut berinisial VS yang kini ditempatkan di kelas X IPA 1. Ia masuk di saat aktifitas belajar TA 2019/2020 berjalan sudah memasuki bulan kedua.

“Masuknya pada 20 Agustus 2019 lalu,” ucap sumber yang sangat layak dipercaya kepada Onlinesumut, Rabu (11/9/2019).

Sebelumnya, nencuatnya isu nama puluhan siswa yang tak pernah tercantum dalam kelulusan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online alias siswa siluman di lingkungan SMA Negeri 8 Medan, nyatanya bukan hanya sekadar isapan jempol belaka.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun Redaksi Onlinesumut, ada 28 siswa yang sangat mencurigakan. 7 nama tercatat lolos dalam PPDB Online dan 21 siswa lagi yang namanya tidak pernah tercantum dalam pengumuman.

Untuk mengelabui, seluruh siswa dikabarkan sengaja disebar di 8 kelas untuk Kelas X yang tersedia sekolah yang terletak di Jl. Sampali,

Untuk 7 nama siswa yang lolos, hingga memasuki bulan kedua Tahun Ajaran 2019/2020 berjalan, mereka tidak pernah muncul dan tidak diketahui jejaknya. Terlebih mereka tidak pernah melakukan pendaftaran ulang. Sehingga muncul dugaan ketujuhnya merupakan nama fiktif. Mereka adalah :
1. Yosafat Cristopel Aritonang
2. Syahrul Ramadhan
3. Dian Putri Utami Silaban
4. Krisna Kristanto Hamonangan Sitorus
5. Hafsyah
6. Rafa Banendra
7. Afizah Wulandari

Ironisnya, jatah bangku yang seharusnya mereka duduki, ternyata tetap terisi. Sedangkan Daftar inisial siswa siluman yang tidak diketaui persis dari jalur nama, diantaranya :
1. DSHS
2. ANP
3. CNS
4. FN
5. AP
6. RS
7. RH
8. SCV
9. WS
10. YA
11. AAR
12. SHL
13. RV
14. HCH
15. SKK
16. NAN
17. VA
18. Had
19. IST
20. DT
21. JS

Tak heran, dengan masuknya nama-nama lain di sekolah tersebut, jumlah siswa di Kelas X SMA Negeri 8 Medan pun melonjak. Dari 265 siswa yang dinyatakan lulus dalam PPDB Online, kini membengkak drastis. Dengan masuknya satu siswa baru kini menjadi 286 orang.

Disebut-sebut, sang Kepala Sekolah Jongor Panjaitan berperan aktif dalam ‘mark up’ jumlah siswa. Bahkan untuk mendapat bangku, tiap siswa kabarnya wajib membayar sesuai banderol hingga jutaan rupiah.

Sementara sebelumnya, Kepala SMAN 8 Medan Jongor Panjaitan yang sebelumnya membantah, belakangan mulai terbuka. “Memang ada titipan,” kilahnya tanpa merinci lebih jauh mekanisme masuknya siswa siluman itu.

Penulis/Editor : Yudis

 

ID:2633 Responsif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here