Ketua PKM Politeknik LP3I Medan, Lily Karlina Nasution, S.E., M.Si, bersama anggota pelaksana Mayang Murni, S.Pd., M.Si Secara langsung menyerahkan sumbangan mesin jahit sebagai bentuk luaran dan bantuan atas Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Tahun 2019

Onlinesumut-MEDAN : POLITEKNIK LP3I MEDAN menggelar Program Kemitraan Masyarakat (PKM) pada UMKM Ummu Syuraih yang bergerak dalam industri pakaian muslimah yang beralamatkan di Jl. kilang padi Pasar 8 veteran tanjung mulia medan deli.
Kegiatan ini melibatkan 5 orang dosen dan 3 orang mahasiswa politeknik lp3i medan yang dipersiapkan untuk memberikan pelatihan-pelatihan meningkatkan produktivitas dan penjualan pada UMKM Ummu Syuraih.
Lily Karlina Nasution, SE., M.Si. dipercaya sebagai ketua dalam kegiatan ini. Dalam aktivitasnya, ia didampingi dua orang anggota pelaksana yaitu Mayang Murni, S.Pd., M.Si. serta Ika Sari Dewi, SS., M,Si, yang juga berprofesi sebagai dosen di Politeknik LP3I Medan.
Terkait hal ini Lily Karlina Nasution mengatakan, untuk diketahui, berbagai produk yang dihasilkan UMKM Ummu Syuraih ini diantaranya gamis, khimar, dan niqab. Sebelum program kemitraan masyarakat ini bergulir, mitra UMKM Ummu Syuraih masih terkendala dalam hal tata kelola manajemen yang masih manual dan tradisional terutama manajemen keuangan.
“Mitra UMKM Ummu Syuraih belum dapat memisahkan antara uang untuk operasional rumah tangga dan usaha. Masalah lainnya adalah kurangnya kemampuan mitra dalam membaca kebutuhan pasar saat ini. Sedangkan dari segi kuantitas produk, mitra belum mampu memproduksi secara banyak dan cepat karena kurangnya mesin produksi dan keterbatasan kemampuan menggaji karyawan,” ungkapnya.
Dijelaskannya juga, Program PKM ini merupakan hibah Kementrian Ristek Dikti tahun 2019 yang dilaksanakn Politeknik LP3I Medan dalam beberapa kali pertemuan yang digelar pada bulan agustus 2019.
“Pada dasarnya sebelum kami melakukan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat ini (PKM) kami melakukan observasi terlebih dahulu pada mitra UMKM Ummu Syuraih ini, apakah UMKM ini laik untuk kita jadikan mitra PKM dan dibantu untuk pengembangan usahanya,” ujarnya.

Setelah lulus kriteria dan laik untuk dibantu, lanjut Lily, kemudian pihaknya mempertanyakan kendala utama yang di alami mitra selama ini. “misal mreka butuh tambahan mesin jahit, ya kita belikan mesin jahit dengan spek tertentu, dan juga bahan kain” lanjut wanita yang juga tercatat sebagai dosen akuntansi di Politeknik LP3I Medan ini.

Ketua PKM bersama Anggota Pelaksana Menyerahkan Hibah Berupa barang kebutuhan UMKM Ummu Syuraih antara lain, mesin jahit, kain, goodie bag, gawang baju dan plastik kemasan.

Selain itu, lanjutnya, tak hanya melakukan bantuan terhadap peningkatan produksi dengan memberikan pelatihan keterampilan menjahit, kegiatan PKM ini juga meningkatkan pengetahuan akan manajemen keuangan dan pemasaran. Hal ini dibuktikan lewat pelatihan tentang penggunaan aplikasi keuangan dan aplikasi pemasaran berbasis internet yang dimuat dalam bentuk website UMKM Ummu Syuraih itu sendiri.

Iwan Kesuma Sihombing saat menyampaikan materi pelatihan manajemen pemasaran pada Karyawan UMKM Ummu Syuraih

Iwan Kesuma Sihombing sebagai salah satu pemateri manajemen pemasaran yang juga berstatus sebagai dosen menilai, program ini agar lebih ditingkatkan dimasa yang akan datang dalam rangka pengbdian kepada masyarakat dan mendekatkan Politeknik LP3I Medan ke berbagai kalangan.

Kurnia Arja Kesuma, saat membawakan materi pelatihan penggunaan aplikasi keuangan UMKM Ummu Syuraih

Politeknik LP3I Medan yang peduli pada masyarakat ini juga memperkenalkan keberadaan dan peran perguruan tinggi ini. Politeknik LP3I Medan oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) wilayah 1 ditetapkan sebagai politeknik dengan peringkat nomor 1 di sumatera utara yang dipublikasi pada 12 agustus 2019.
Dari pertemuan dan kerjasama ini, para karyawan dan pemilik UMKM Ummu Syuraih sangat antusias karena mampu memberikan pelatihan dan pengetahuan baru di dunia manajemen baik keuangan maupun pemasaran berbasis online dengan terciptanya aplikasi keuangan hingga website UMKM Ummu Syuraih. (ashonsky)

ID:2633 Responsif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here