Massa dari Kongres Rakyat Bersatu saat aksi di depan gedung DPRD Sumut, Jalan Imam Bonjol, Medan, Senin (9/9/2019)/foto : buwas

Onlinesumut-MEDAN : Dukungan kepada DPR RI yang terus berupaya merevisi UU No 30/2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mengalir.

Kini giliran kelompok masyarakat yang mengatasnamakan Kongres Rakyat Bersatu Sumut yang menyampaikan pendapat berupa dukungan terhadap revisi UU KPK. Aasannya, revisi UU KPK bertujuan untuk menguatkan lembaga penegak hukum itu.

“Tolak kelompok tertentu yang tidak mendukung revisi UU KPK,” kata pimpinan aksi, Edwin Stevano Sihombing saat menggelar aksi di depan gedung DPRD Sumut, Senin (9/9/2019).

Massa juga mendukung hasil seleksi calon pimpinan KPK, dan menolak adanya politisasi. “DPR RI harus menolak kelompok tertentu dalam rangka menetapkan 5 nama calon pimpinan KPK yang baru,” tegasnya.

Kepada Komisi III DPR RI, Edwin meminta untuk tidak terpengaruh oleh hasutan pihak-pihak yang punya kepentingan terhadap 10 calon pimpinan KPK.

“Komisi III harus mempercayai hasil seleksi yang dilakukan panitia seleksi, dan tidak terpengaruh,” katanya.

Kepada pegawai KPK, Edwin meminta untuk tidak terlalu jauh mencampuri urusan seleksi calon pimpinan KPK.

“Pegawai KPK silahkan bekerja dengan baik tanpa harus intervensi,” tuturnya.

Sebelumnya, mantan Cawapres RI, Sandiaga Uno bersuara lantang mengenai rencana pemerintah dan DPR yang ingin melakukan revisi UU 30/2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi.

Sandi berpendapat, revisi yang sedang digodok di DPR RI itu malah terlihat jelas ingin melemahkan KPK. “Saya dapat masukan dari tim hukum kita bahwa revisi UU KPK, justru melemahkan KPK,” kata Sandi di Medan, Sabtu malam 7 September 2019.

Ia beranggapan KPK sebagai lembaga hukum yang saat ini paling dipercaya masyarakat justru harus diperkuat, bukan sebaliknya dilemahkan dengan dalih revisi UU KPK.

“Saya adalah kelompok yang berpendapat bahwa, revisi UU KPK, harus dicermati masyarakat. Jika memang akibatnya melemahkan KPK, maka ini harus dihentikan,” pintanya.

Penulis/Editor : Buwas

 

ID:2633 Responsif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here