Tim MP3 PLN ULP Medan Baru/foto : dok

Onlinesumut-MEDAN : Tidak hanya sekadar menjaga keandalan listrik demi memberi kenyamanan pelanggan di seluruh wilayah Kota Medan, PLN UP3 Medan juga dituntut mampu berbuat dalam meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjalankan kewajibannya membayar penggunaan listrik sehingga terhindar dari tunggakan.

Untuk menurunkan rasio tunggakan itu, PLN UP3 Medan ternyata memilik trik jitu lewat program bernama MP3 alias Manajemen Pengelolaan Piutang Pelanggan. Hasilnya ternyata cukup efektif.

GM PLN UIW Sumut Feby Joko Priharto bersama Manager PLN UP3 Medan Eko Prihandana,ST/foto : dis

Unit Layanan Pelanggan (ULP) Medan Baru yang telah menerapkan program ini, pada bulan Agustus 2019 lalu, berhasil menurunkan angka piutang pelanggan dari sebelumnya 3 lembar (3 bulan) menjadi 1 lembar (1 bulan).

Manager PLN UP3 Medan Eko Prihandana, ST mengatakan, pihaknya telah berkomitmen untuk menurunkan tunggakan yang selama ini menjadi pola kebiasaan masyarakat yang selalu mengganggap jika menunggak 3 bulan tidak akan diputus.

“Dengan menerapkan sistem MP3 yaitu melakukan penagihan langsung dan pembayaran langsung di tempat dengan menggunakan aplikasi pembayaran online pelanggan tidak perlu repot datang ke kantor atau ke Indomaret untuk membayar listriknya karena sudah dapat membayarkan langsung kepada petugas yang menggunakan aplikasi pembayaran online dengan mendapatkan struk pembayaran yang sah,” tegas Eko kepada Onlinesumut, Sabtu (7/9/2019).

Didampingi Angga Nugraha Pulungan selaku Supervisor Pelayanan Pelanggan dan Administrasi UP3 Medan, Eko juga menjelaskan, tentu hal ini juga akan memudahkan pelanggan dan akan meningkatkan kesadaran pelanggan untuk melakukan pembayaran tagihan listrik tepat waktu yaitu sebelum tanggal 20 setiap bulannya.

Salahsatu pelanggan yang menggunakan aplikasi pembayaran online yang melengkapi petugas MP3/foto : ist

Eko juga juga berharap, kedepan dengan pelaksanaan Program MP3 ini, dapat meningkatkan pelayanan PLN Terhadap masyarakat karena PLN sudah menjamah langsung sampai ke pelanggan dan selalu mengingatkan pelanggan bahwa melakukan pembayaran tagihan listrik sudah sangat mudah dan praktis serta tidak akan ada lagi pembongkaran dan pemutusan meteran maupun aliran listrik akibat belum bayar tagihan

“Jadi, PLN ULP Medan Baru adalah salahsatu Unit UP3 Medan yang berhasil menerapkan sistem MP3 dan keberhasilannya di penghujung Agustus PLN sudah tidak punya lagi tunggakan 2 bulan atau 2 lembar. Kedepannya dengan implementasi ini mampu mencapai zero tunggakan pada akhir Desember,” tandasnya.

Penulis/Editor : Yudis

 

 

 

ID:2633 Responsif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here