Prosesi penyembelihan hewan qurban yang digelar Global Qurban-ACT Sumut di halaman Masjid Raya Al Mashun Medan/foto : chairul

Onlinesumut-MEDAN : Global Qurban-ACT Sumatera Utara, menggelar kegiatan Jamuan Makan Bersama serta pembagian daging qurban di halaman Masjid Raya Al Mashun Medan, Senin (12/8/2019).

Pantauan di lokasi kegiatan, usai melakukan prosesi penyembelihan qurban pagi tadi, seluruh daging hewan qurban kemudian dimasak bersama untuk selanjutnya disantap bersama-sama.

Pengumpulan daging qurban sebelum dibagian kepada masyarakar/foto : chairul

Kepala Cabang ACT Sumut, Fadhli Septavianra menjelaskan, pembagian dan kenduri qurban yang dilkasanakan setelah Hari Raya Iduladha 1440 Hijriah ini, adalah kegiatan yang pertama kali dilaksanakan di Sumatera Utara, dengan melibatkan warga sekitar Kelurahan Masjid, yang terdiri dari 7 lingkungan, Badan Kenaziran Masjid, masyarakat sekitar dan Jamaah Masjid Raya Al Mashun Medan.

“Acara yang dimulai sejak pagi hari ini merupakan kegiatan serentak yang dilaksanakan di seluruh Indonesia. Untuk di Sumatera Utara kegiatan ini juga didukung oleh BNI Syariah Cabang Sumatera Utara, yang turut menyumbangkan 15 ekor sapi (termasuk 7 ekor sapi di Masjid Raya) dan 4 ekor kambing untuk masyarakat di Binjai dan Langkat,” ungkapnya.

Event kegiatan Jamuan Makan Kenduri Qurban bersama Global Qurban-ACT Sumut di Masjid Raya Al Mashun Medan/foto : chairul

Fadhli juga menuturkan, program ini adalah hari puncak program Dermawan Berqurban yang sebenarnya sudah sejak lama digagas oleh Global Qurban Pusat.

Dan untuk di Kota Medan, lanjutnya, baru pertama kali dilaksanakan, dan sengaja pelaksanaannya diadakan di halaman Masjid Raya Al Mashun Medan, bertujuan sembari menyemarakkan Hari Raya Iduladha, dan juga agar lebih dekat kepada warga Kota Medan.

“Terlebih Masjid Raya Al Mashun Medan, merupakan ikon pariwisata dan peradaban Islam di tanah Melayu Kota Medan. Kami juga berharap kegiatan ini dapat memiliki manfaat yang banyak bagi masyarakat Kota Medan. Dan ini terlihat dari animo masyarakat yang datang ke Masjid Raya Medan,” sebutnya.

Sementara, Bisnis Manager BNI Syariah cabang Medan Irvan Satya mengaku sangat bersyukur karena dengan program Kurbanku Hasanahku bisa bekerjasama dengan ACT untuk berkurban sebanyak 450 ekor sapi di seluruh Indonesia.

“Alhamdulillah. Khusus di Medan ada 7 ekor dan juga ada yang disebar di beberapa kota seperti Binjai, Tanah Karo. Total, BNI memotong 15 ekor sapi pada tahun ini. BNI Syariah cabang Medan sangat berharap program ini bisa berlanjut dan berkesinambungan sekaligus menjadi Hasanah Banking Fatner Syariah,” pungkasnya.

Editor : Chairul/ril

 

 

 

ID:2633 Responsif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here