Diregsum PLN Wiluyo Kusdwiharto bersama jajaran pejabat EVP, VP dan GM Regional Sumatera melakukan penekanan tombol sebagai tanda peluncuran tagline Sumatera Hebat/foto : yudis

Onlinesumut-KARO : Meningkatnya kebutuhan akan ketenagalistrikan serta tuntutan keandalan, menjadi fenomena sekaligus tantangan tersendiri bagi PT PLN (Persero). Terlebih di era industri 4.0.

Guna menghadapi hal itu, seluruh perangkat PLN dari seluruh bidang se Sumatera, dituntut mampu bersinergi. Sebagai bentuk menyatukan visi dan misi itu pula, Direktur Bisnis Regional Sumatera (Diregsum), Wiluyo Kusdwiharto resmi meluncurkan Tagline “Sumatera Hebat” dalam kegiatan Pelaksaan Rapat Koordinasi (Rakor) PLN Regional Sumatera Semester II yang digelar PLN UIP Sumbagut di Taman Simalem Resort, Kab. Karo, Sumatera Utara, Minggu (28/7/2019).

Prosesi peluncuran tagline itu ditandai dengan penekanan tombol yang dilakukan Diregsum bersama jajaran EVP, VP dan General Manager Regional Sumatera.

Wiluyo Kusdwiharto dalam paparannya mengatakan, terkait kebutuhan listrik, berbagai macam upaya sudah dilakukan pihaknya untuk meningkatkan reserve margin di Sumatera sehingga cadangan di Sumatera yang sebelumnya di tahun 2015 sebesar -210 MW atau -4%, mulai membaik di tahun 2017 dengan cadangan berkisar 458 MW atau 9%.

Untuk itu, lanjut Wiluyo, diperlukan usaha ekstra keras segenap karyawan PLN agar pelayanan tenaga listrik bagi pelanggan tidak terganggu dan bahkan kualitasnya meningkat dari waktu ke waktu.

“Seperti kita ketahui, saat ini Indonesia dan dunia telah memasuki era baru yang disebut era industri 4.0, era society 5.0 dan era Green Technology. Dimana penggunaan listrik bukan lagi menjadi kebutuhan namun sudah menjadi suatu ketergantungan. Kesiapan suatu bangsa dalam menyambut era tersebut tergantung kepada kesiapan infrastruktur ketenalistrikannya,” tandasnya.

Dengan mengenakan ulos, Diregsum PLN Wiluyo Kusdwiharto bersama jajaran pejabat EVP, VP dan GM Regional Sumatera berfoto bersama dalam kegiatan Rakor PLN Regional Sumatera Semester II/foto : yudis

Dalam merespon tantangan tersebut, Regional Sumatera telah mempersiapkan dirinya melalui program Sumatera Hebat (tumbuH, Efisien, kolaBorasi, Andal, unTung).

“Hebat memiliki makna yang harus dicamkan oleh seluruh jajaran PLN Regional Sumatera, agar hasil yang dicapai bisa maksimal,” tegasnya.

Kata Wiluyo, tumbuH dimana tercapainya pertumbuhan sebesar 8,47 % atau sebesar 37.545 GWh pada tahun 2019 yang akan menjamin ketersediaan pasokan listrik untuk semua keperluan industri dan masyarakat.

Efisien untuk tercapainya susut jaringan sebesar 11,65% dan transmisi 2,99% pada 2019. kolaBorasi yang berarti kerjasama yang erat antara unit-unit proyek pembangkit, transmisi dan distribusi serta seluruh stake holder dalam membangun 875 MW pembangkit, baik pembangkit termal dan pembangkit baru terbarukan 3.818 kms transmisi, 4.940 MVA gardu induk dan 13 line bay di tahun 2019 juga termasuk didalamnya kolaborasi Solid antara anak perusahaan PLN.

Andal tercapainya Saidi sebesar 1.421 menit/pelanggan, Saifi sebesar 12,38 kali/pelanggan, TLOD 1,31 jam/100 kms, TLOF 0,5 kali/100 kms, TROF 0,07 kali/unit, TROD 0,19/unit pada tahun 2019 yang akan menjamin kenyamanan pelanggan dalam pengguaan listrik

T yang berarti unTung tercapainya penghematan sebesar Rp951,9 miliar yang diperoleh dari berbagai efisiensi internal pada tahun 2019 sehingga menciptakan listrik yang affordable (terjangkau) bagi semua pihak.

Pada kesempatan tersebut, Wiluyo juga mencanangkan kepada seluruh jajaran PLN Regional Sumatera untuk mampu menekan susut pada Semester II ini menjadi single digit.

Terbaik

Pada kegiatan itu, GM UIP Sumbagut Octavianus Padudung selaku tuan rumah kegiatan ini mengatakan, rapat koordinasi ini untuk mengetahui pencapaian kinerja semester 1 dan membahas target semester 2 oleh masing-masing divisi dengan  nara sumber Nasri Sebayang (ex Dirreg JBT) dan Ngurah Adnyana (ex Drop JBS).

“Dengan rakor ini diharapkan adanya perbaikan ke depan. Untuk itu, perlu kerja cerdas dan iklas  serta menjaga kebersamaan di lingkungan PLN regional Sumatera dan meningkatkan sinergi dan kolaborasi,” ungkap Padudung.

Sementara, dalam Rakor bertema “Tumbuh efisien kolaborasi andal dan untung” itu, PLN UIP Sumbagut di bawah kendali Octavianus Padudung terpilih sebagai salahsatu PLN UIP terbaik di Regional Sumatera dan berhak mendapat piagam penghargaan yang diserahkan langsung Diregsum PLN Wiluyo Kusdwiharto.

Penulis/Editor : Yudhistira

 

 

ID:2633 Responsif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here