Kapolres Labuhanbatu didampingi Kasatreskrim AKP Jama K Purba menunjukkan barangbukti jenis rokok tanpa cukai yang disita/foto : aji

Onlinesumut-LABUHANBATU: Tim Satreskrim Polres Labuhanbatu, menyita ratusan kotak rokok asal luar negeri tanpa pita cukai bermerek Luffman yang dibawa sebuah truk tronton berwarna kuning putih bernomor polisi BL 8845 PZ, saat melintas di kawasan Jl. WR Supratman, Kel. Padang Matinggi, Kec. Rantau Utara, Kamis sore, 11 Jul8 2019 lalu.

Hal itu disampaikan Kapolres Labuhanbatu AKBP Frido Situmorang dalam paparan hasil tangkapan tersebut di Mapolres Labuhanbatu, Rabu (17/7/2019).

“Benar, minggu lalu tim Reskrim melakukan penangkapan terhadap mobil pembawa rokok tanpa pita cukai,” ungkapnya.

Didampingi Kasat reskrim AKP Jama Kita Purba, Frido juga menyatakan, setelah diperiksa total barang bukti yang diduga hasil selundupan itu diketahui sebanyak 158 kotak, dengan rincian 1 kotak berisi 50 slop dan 1 slop berisi 50 bungkus.

Masih menurut Frido, kronologis penangkapan berdasarkan informasi dari masyarakat terkait adanya truk tronton membawa Rokok tanpa pita cukai yang melintas di jalan lintas sumatera (jalinsum).

Menindaklanjuti informasi tersebut, tim Reskrim bergerak cepat dan berhasil mengamankan truk yang berasal dari Provinsi Jambi menuju Kota Medan saat melintas di Labuhanbatu.

“Setelah diinterogasi, supir dan kernet mendapatkan rokok Luffman dari Amir warga Provinsi Jambi yang dimuat di perbatasan antara Pekanbabaru dan Jambi, untuk dibawa ke Medan dengan upah Rp 10.000.0000 tanpa mengetahui isi kotak yang dibawa. Setelah diamankan barulah mereka (supir dan kernet-red) mengetahui isi kotak yg dibawa rokok tanpa cukai,” terangnya.

Setelah memastikan targetnya, selanjutnya truk, seluruh muatan beserta pengemudi dan kernet, langsung diamankan ke Mapolres Labuhanbatu.

“Dalam kasus ini negara dirugikan sebesar Rp268.600.000 sesuai dengan pasal 54 Undang-Undang No.39 Tahun 2007 tentang perubahan atas Undang-Undang No.11 Tahun 1995 Tentang Cukai,” pungkas Frido.

Penulis : Aji S Harahap
Editor : Yudis

 

ID:2633 Responsif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here