Proses pencarian para korban tenggelamnya kapal KM Sinar Bangun di perairan Danau Toba/ist

Onlinesumut-SIMALUNGUN: Guna mencegah terulangnya tragedi KM Sinar Bangun, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menurunkan tim khusus untuk mengawasi keselamatan pelayaran di Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut). Tim khusus tersebut, akan melakukan pengawasan agar jumlah penumpang tidak melebihi kapasitas.

“Memastikan manifest penumpang sesuai, jumlah manifest tidak melebihi kapasitas yang ditentukan, mengecek kelengkapan surat atau buku pelaut Nakhoda dan awak kapal, memastikan adanya alat-alat keselamatan seperti pelampung,” ujar Menhub Budi Karya Sumadi dalam keterangannya yang diterima, Kamis (6/6/2019) malam.

Selain menurunkan tim khusus, Kemenhub juga mengajak serta Bupati setempat dan Pemerintah Daerah untuk ikut memperhatikan dan mengawasi. Dalam kesiapan penyelenggaraan Angkutan Lebaran Tahun ini, Kemenhub bekerjasama dengan stakeholder terkait telah melakukan serangkaian ramp check kelaikan kapal-kapal penyeberangan.

Selain itu, juga dilakukan pengecekan terhadap kelengkapan alat-alat keselamatan seperti pelampung. “Dan juga pengecekan kesehatan dan kelengkapan administrasi para nakhoda dan awak kapal,” imbuhnya.

Para Kepala Daerah, juga ikut andil dengan mengerahkan petugas dari Dinas Perhubungan setempat untuk melakukan pengawasan. Untuk mendukung pelayanan transportasi penyeberangan yang berkeselamatan di Danau Toba, Kemenhub sudah menyiapkan Kapal Motor Penyeberangan (KMP) sebanyak lima unit.

Penulis/Editor: Budi Wasisto

ID:2633 Responsif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here