Kobaran api yang menghanguskan grosir Subur milik Aseng di Jl. Veteran, Desa Batangkuis Pekan, Kec. Batangkuis, Kab. Deliserdang/foto : bunyak

Onlinesumut-BATANGKUIS : Grosir Subur milik Aseng di Jl. Veteran, Desa Batangkuis Pekan, Kec. Batangkuis, Kab. Deliserdang, Sabtu malam (1/6/2019) sekitar pukul 19.30 WIB, luluh lantak diamuk si jago merah.

Banyaknya material yang mudah terbakar, membuat api terus berkobar dan menjalar ke setiap sudut bangunan. Warga yang berusaha melakukan pemadaman dengan peralatan seadanya pun hanya berakhir sia-sia.

Selang satu jam, persisnya sekitar pukul 20.35 WIB, terdengar beberapa kali letusan yang diduga berasal dari tabung gas dan minyak di dalam grosir tersebut. Letusan yang terjadi membuat api semakin membesar.

“Ya Allah, Subhanallah,” teriak seorang ibu paro baya yang rumahnya tak jauh dari lokasi kejadian. Sejumlah warga yang bermukim di sekitar juga terlihat berhamburan keluar rumah sambil mengevakuasi harta benda mereka.

Tak hanya memicu kepanikan warga sekitar, jamaah Masjid Jami’ Batangkuis yang awalnya hendak melaksanakan Salat Tarawih juga tampak berhamburan keluar melihat kejadian. Terdengar dari pengeras suara masjid, seorang muazzin mengumandangkan Azan.

Kesaksian warga yang menyaksikan mengatakan, awalnya kebakaran terjadi di sisi kanan grosir. Api langsung membesar dan merembet ke dalam grosir.

“Dari sini (sisi kanan grosir), langsung besar. Gak ada yang jaga grosirnya, makanya gak ada yang madamkan. Warga sekitar yang tahu, langsung inisiatif melakukan pemadaman. Tapi gak sanggup, karena besar kali apinya,” kata seorang warga.

Tak berapa lama, listrik pun padam. Pantauan di lokasi, karena api semakin membesar. Padatnya kerumunan warga, membuat 2 unit armada pemadam kebakaran (damkar) Pemkab Deliserdang kesulitan menerobos masuk ke lokasi kejadian.

Setelah berjuang hampir satu jam, api akhirnya berhasil dijinakkan. Belum diketahui pasti penyebab amuk si jago merah tersebut. Namun kuat dugaan, kebakaran dipicu arus pendek alias korsleting listrik.

Kerugian materil ditaksir lebih dari satu miliar rupiah, karena kebakaran telah menghanguskan seluruh barang di dalam grosir. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Kanitreskrim Polsek Batangkuis Iptu A Sitepu yang ditemui di lokasi mengaku, pihaknya belum bisa memberi keterangan secara rinci terkait kebakaran tersebut. “Grosirnya habis, semuanya terbakar,” katanya singkat.

Penulis : Budi Nyata
Editor : Yudis

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here