Seorang pekerja tengah mengangkat stok beras di Gudang Bulog. (Foto: Disperindag.sumutpriv.go.id)

Onlinesumut-MEDAN: Jelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H, Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional (Divre) I Sumatera Utara telah menyiapkan stok beras sebanyak 61 ribu ton. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Bulog Divre I Sumatera Utara, Basiriun, Rabu (22/5/2019).

“Untuk menyambut bulan puasa dan lebaran Bulog telah menyiapkan stok beras sebanyak 61 ribu ton. Dimana stok ini sudah tersebar di seluruh wilayah Sumatera Utara,” ujar Basirun. ‎

Dengan jumlah tersebut, lanjutnya, Bulog mencukupi kebutuhan beras masyarakat di Sumut selama 6 bulan ke depan. Bahkan, stok tersebut diyakini bisa menutupi kebutuhan lebih dari 6 bulan.

Basiriun menjelaskan bahwa, biasanya mereka menyiapkan stok beras sebanyak 3 ribu hingga 5 ribu ton untuk bulan biasa “Artinya, kalau kita gelontor kan 15 ribu ton selama satu bulan ini tidak ada masalah,” bebernya.

Selain stok beras, untuk harga lainnya Bulog juga sudah berkoordinasi dengan pihak PPID kemudian satgas pangan. Itu dilakukan, untuk menjaga ketersediaan pasokan distribusi serta harga di pasar.

“Yang Bulog lakukan, kerjasama dengan beberapa pihak dalam rangka paket-paket Ramadan yang mereka adakan. Bulog mempersiapkan bahannya,” terang Basiriun.

“Kami juga bekerjasama dengan beberapa pihak yang ada di kabupaten/kota di Sumut untuk menggelar pasar murah. Dimana Bulog akan siapkan beras, daging, minyak goreng, gula dan tepung,” tandasnya.

Penulis/Editor: Budi Wasisto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here