Pihak Bea Cukai Kualanamu, DJBC Sumut, Kantor Pos dan Ditresnarkoba Poldasu menunjukkan daun khat sitaan dan tersangka HS yang ditangkap bersamaan dengan digagalkannya penyelundupan tersebut/foto : nyak

Onlinesumut-KUALANAMU : Penyelundupan daun khat atau tumbuhan yang mengandung zat narkotika yang masuk melalui titipan paket pos, digagalkan tim gabungan Bea Cukai Kualanamu, Kanwil DJBC Sumatera Utara (Sumut), BNN dan Polda Sumut.

Total barangbukti daun yang berasal dari Ethopia itu seberat 16 kilogram.

Kepala Bea Cukai Kualanamu, Bagus Nugroho Tamtomo mengungkapkan, 16 kg daun khat yang diamankan, dikemas dalam 4 buah karton.

“Penindakan dilakukan pada 15 Mei 2019 dan 17 Mei 2019 berupa barang bukti narkotika golongan 1 yaitu jenis daun tanaman khat ( Catha Edulis),” jelas Bagus di Bandara Kualanamu, Kab. Deliserdang, Selasa (21/5/2019).

Kecurigaan petugas, katanya, berawal ketika kardus berisikan daun khat tersebut diperiksa menggunakan mesin x-ray. Selain itu, dari pemeriksaan yang dilakukan, keterangan paket tersebut berbeda dengan isi di dalam kardus.

“Dua kiriman dengan penerima yang berbeda tiba pada Kantor Pos. Lalu Bea Cukai Tanjungmorawa pada tanggal 9 Mei 2019 memeriksa barang tersebut. Di beritahukan dalam Consigment Note ( CN) berupa clothes (pakaian) yang berasal dari Ethiopia,” jelasnya.

Kecurigaan terhadap barang tersebut membuat pihak Kepala Kantor Sentral Pengolahan Pos Medan yang beralamat di Tanjungmorawa melakukan pemeriksaan fisik secara manual dengan cara membuka barang tersebut.

Setelah dibuka, ternyata karton terdiri dari 4 bungkus plastik berwarna merah muda itu berisi berupa daun kering berwarna hijau dan berbau. Bukan pakaian seperti yang tertera pada keterangan diluar kemasan paket.

Daun Khat mengandung narkotika yang disita petugas Bea Cukai/foto : nyak

“Selanjutnya barang tersebut di bawa uji laboratorium di Balai Labolatorium Bea Cukai Klas II Medan dan hasil nya positif daun Khat. Selanjut nya Tim P2 Bea Cukai kualanamu serta tim P2 kantor wilayah DJBC Sumatera Utara dan Kantor Pos lalu Bea Cukai Tanjung Morawa melakukan koordinasi dengan Ditresnarkoba Polda Sumut,” bebernya.

Selain barang bukti, turut diamankan seorang pria berinisial HS (46) yang merupakan pemesan barang tersebut. Guna pengembangan lebih lanjut, tersangka dan barang bukti dibawa ke Polda Sumut.

Penulis : Budi Nyata
Editor : Budi W

 

 

ID:2633 Responsif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here