Kondisi Gunung Api Sinabung di Karo yang masih mengeluarkan abu vulkanik pasca erupsi pagi tadi/foto : ist

Onlinesumut-KARO: Status Gunung Api Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut) yang sebelumnya berada di tingkat Awas (Level IV) kini turun menjadi Siaga (Level III), Senin (20/5/2019). Penurunan status tersebut, berdasarkan evaluasi yang dilakukan oleh Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM).

Pemberitahuan penurunan status Gunung Sinabung itu diinformasikan melalui surat bernomor 948/45/BGL.V/2019. “Tanggal 20 Mei 2019 pukul 10:00 WIB, Status Gunung Sinabung di turunkan dari Status Awas (level IV) jadi Siaga (Level III),” ungkap Petugas Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung, Armen Putra, Senin (20/6/5/2019).

Armen mengungkapkan, penurunan status tersebut diambil, setelah dilakukannya analisis data visual dan instrumental serta potensi ancaman bahayanya. Meskipun begitu, perihal status ini dapat dievaluasi kembali untuk dinaikkan atau diturunkan sesuai dengan tingkat ancaman bahayanya.

Surat dari Badan Geologi Kementerian ESDM, disebutkan bahwa, pengamatan visual yang merupakan bagian dari analisis dilakukan pada rentang waktu 2 Januari 2018 hingga 20 Mei 2019. Dalam rentang waktu tersebut diketahui terjadi penurunan erupsi. Begitu juga dengan jumlah gempa yang terjadi penurunan.

Tetapi, masyarakat tetap diimbau agar tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah di relokasi. Dimana desa-desa tersebut berada dalam radius 3 km hingga 5 km dari puncak Gunung Sinabung. “Untuk Sukanalu masih tetap, Itu kan sudah di rekomendasikan untuk relokasi, jadi tetap tidak balik,” paparnya

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi kata Armen, akan selalu berkoordinasi dengan BPNPB, BPBD Sumut dan BPBD Karo. Memberikan informasi tentang kegiatan Gunung Sinabung dan masih ada rekomendasi lainnya,” tandasnya.

Sementara itu, selain dilarang untuk memasuki zona merah, masyarakat juga diminta untuk tetap waspada. Mulai dari yang tinggal di dekat sungai yang berhulu di Gunung Sinabung juga diingatkan untuk tetap mewaspadai bahaya lahar.

Kemudian, masyarakat diimbau gunakan masker saat terjadi hujan abu. Lebih lanjut, masyarakat diminta untuk tetap tenang, jangan terlalu percaya dengan kabar yang belum tentu benar soal gunung sinabung.

Penulis/Editor: Budi Wasisto

ID:2633 Responsif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here