Satu unit mobil ambulans terbalik karena dampak kericuhan yang terjadi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas III di Jalan Simpang Farm, Desa Domba, Kecamatan Hinai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumut), Kamis (16/5/2019). (Foto: Istimewa)

Onlinesumut-LANGKAT: Kerusuhan terjadi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas III di Jalan Simpang Farm, Desa Domba, Kecamatan Hinai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumut), Kamis (16/5/2019). Akibatnya, beberapa kendaraan bermotor dibakar.

Belum diketahui pasti apa penyebab kerusuhan yang terjadi pada pukul 13.45 WIB tersebut. Pihak Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumut saat ini tengah melakukan pengumpulan data terkait peristiwa itu.

“Ya kita terima seperti itu (terjadi kerusahan)‎,” ujar Josua Ginting, Humas Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM  Sumut, saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (16/5/2019) sore.

Disinggung apa penyebab kerusahan itu, Josua mengatakan pihak belum mengetahuinya. Saat ini lanjutnya, timnya tengah menuju ke lokasi Lapas Narkotika Langkat itu.”Tim menuju kesana. Sabar dulu, bila sudah ada data pasti. Kita kabari lagi,” kata Josua.

Dari video berdurasi 6 menit 4 yang beredar digrup Whatsapp wartawan di Medan, terlihat para narapidana di Lapas tersebut berkeluaran dari sel mereka. Di dalam video itu juga, terlihat sebuah sepeda motor terbakar.

Kemudian,  satu unit mobil ambulans juga terbalik. Untuk saat ini, pihak Kepolisian dari Polres Langkat untuk melakukan pengamanan.

Dari informasi yang beredar, tahanan yang melarikan diri diperkirakan sekitar 200 orang. Beberapa diantaranya berhasil diamankan. Saat ini pihak Polres Langkat sedang melakukan sweeping di wilayah Kabupaten Langkat.

Penulis/Editor: Budi Wasisto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here