GM PLN UIW Sumut Feby Joko Priharto menyerahkan zakat kepada yatim piatu di Panti Asuhan Yatim Piatu Alwasliyah Gunungsitoli dan dhuafa di Pulau Nias/foto : dis

Onlinesumut-GUNUNGSITOLI : Ramadhan tak hanya dikenal sebagai bulan suci semata. Karena sebagai penghulu bulan, Ramadhan juga dikenal sebagai bulan penuh maghfirah, sehingga Kaum Muslim berlomba-lomba berbuat untuk amal kebajikan demi mendapatkan limpahan pahala.

Hal ini pula yang dilakukan PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Utara melalui. Yayasan Baitul Maal (YBM). Lewat gelaran Safari Ramadhan, organisasi ini secara aktif menyalurkan zakat kepada yang berhak.

Setelah ke UP3 Bukit Barisan di Brastagi, Kab. Karo, Tim Safari Ramadhan PLN UIW Sumut, Kamis (16/5/2019) menyambangi Kepulauan Nias.

Mengawali kunjungannya, tim yang dipimpin langsung GM PLN UIW Sumut Feby Joko Priharto, berkunjung ke Panti Asuhan Yatim Piatu Alwasliyah di Kota Gunungsitoli.

Dalam kegiatan bertajuk ‘Berbagi Kebahagiaan Bersama Anak Yatim dan Dhuafa, Sambut Bulan Penuh Kebaikan dan Optimisme’, kehadiran tim YBM PLN ini disambut langsung Ketua Alwasliyah Bastari Marikan, Ustadz Abdi Lubis sebagai pengurus Alwashliyah dan Jazriman Caniago sebagai Pengurus Yayasan Panti Asuhan Alwasliyah.

Ustadz Abdi Lubis dalam sambutannya mengatakan, saat ini di Kepulauan Nias hanya tersisa satu panti asuhan untuk anak-anak Kaum Muslim yaitu milik Alwasliyah ini.

“Panti asuhan ini berdiri sejak tahun 1985. Tapi sampai saat ini, kondisi panti asuhan ini tak ada perubahan. Karena itu, kedatangan pihak PLN dalam menyalurkan bantuan, merupakan sebuah anugerah bagi kami di bulan suci ini. Kami sangat berterimakasih atas kunjungannya” ujarnya.

GM PLN UIW Sumut Feby Joko Priharto bersama jajaran Senior Manager dan Pengurus YBM PLN berfoto bersama seluruh pengurus dan anak yatim piatu di Panti Asuhan Alwasliyah Gunungsitoli/foto : dis

Sementara, GM PLN UIW Sumut Feby Joko Priharto mengatakan, Bulan Ramadhan juga merupakan momentum yang tepat untuk berbagi kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan.

“Dan Alhamdulillah seperti tahun-tahun sebelumnya, YBM PLN UIW Sumatera Utara Insya Allah nanti juga bisa berbagi kebahagiaan di momen kali ini” ucapnya.

Perlu diketahui YBM PLN UIW Sumut, lanjut Feby, merupakan lembaga resmi yang mengelola zakat, infaq dan sodaqoh pegawai PLN. Dana yang terkumpul merupakan Zakat Penghasilan dari setiap pegawai muslim, yang dipotong sebesar 2,5% setiap bulannya.

“Setiap tahun, Alhamdulillah dana tersebut selalu disalurkan untuk kemaslahatan Umat Muslim yang meliputi bidang pendidikan, dakwah, kesehatan, ekonomi dan sosial, yang mencakup Provinsi Sumatera Utara,” kata Feby.

Adapun rincian dana yang dikelola selama kurun waktu 2018 hingga saat ini, total akumulasi zakat 2018 ditambah saldo 2017 mencapai Rp4.673.259.174. Sedangkan Dana yang disalurkan selama Januari-Desember 2018 sebesar Rp2.931.545.779. Akumulasi Penerimaan Januari-April ditambah Saldo 2018 sebesar Rp 2.704.313.897.

Dana yang sudah disalurkan sampai Bulan Mei 2019, sebesar Rp.2.704.313.897. Dan saldo sampai Bulan ini Rp0.

“Pada kesempatan kali ini YBM PLN berbagi kebahagiaan kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan di Lingkungan PLN UP3 Nias, yaitu santunan senilai Rp22,5 juta kepada 50 dhuafa. Bantuan senilai Rp8 juta kepada Pengurus Panti Asuhan Alwashliyah berupa uang tunai dan sembako. Total bantuan YBM PLN yang disalurkan di PLN UP3 Sebesar Rp30,5 juta. Adapun santunan untuk Anak Yatim Piatu dari Bapenrohis dan infaq pegawai PLN UP3 Nias, dengan total nilai Rp 16 juta, disalurkan kepada anak yatim piatu di Panti Asuhan Alwashliyah dan anak yatim piatu di lingkungan kerja PLN UP3 Nias” beber Feby.

Feby juga menjelaskan, selama Bulan Ramadhan ini, ia bersama YBM PLN juga akan melaksanakan safari ke UP3 lain untuk berbagi kebahagiaan kepada saudara-saudara Umat Muslim di tempat lain.

Dalam safari ramadhan ini, Feby juga kembali mengabarkan bahwa kondisi kelistrikan di Sumut saat ini dalam kondisi normal dan surplus.

“Jika dahulu banyak investor yang ragu berinvestasi di Nias, sekarang ayo jangan ragu-ragu lagi datang ke Nias. Listrik saat ini sudah tersedia dan surplus. Satu hal yang selalu saya tekankan supaya listrik yang tersedia itu juga harus andal serta mudah didapatkan” tandasnya.

Sementara, turut hadir dalam tim Safari Ramadhan PLN UIW Sumut ini antara laih Senior Manager Perencanaan Saleh Siswanto, Senior Manager Niaga Rino Gumpar Hutasoit, Manager Senior Keuangan Jhon Horas Tobing dan Manager PLN UP3 Evan Suseno Sirait, serta jajaran manager lainnya.

Penulis/Editor : Yudis

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here