Kegiatan sosialisasi PSR Dinas Perkebunan Provsu dan Dinas Pertanian Labuhanbatu di Lantai III Hotel Permata Land/foto : mora

Onlinesumut-LABUHANBATU : Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Sumatera Utara menggelar sosialisasi Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) Tingkat Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2019, bertempat di Hotel Permata Land lantai III, Rabu (15/5/2019).

Sebagai narasumber dari Disbun Provsu tersebut yaitu Kepala Bidang Produksi dan Pengembangan Dinas Perkebunan Provsu Ir Lies Handayani Siregar M, MA bersama Kepala Bidang Pembenihan BBPPTP Korwil I Provsu ir Asnilawarni M. MA serta didampingi Kepala Dinas Pertanian Labuhanbatu Agus Salim Ritonga melalui Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian setempat Yusril Nasution berserta staf dinas lainnya.

Menurut Lies Handayani Siregar, di dalam pengembangan pertanian kelapa sawit pada usaha kelompok tani ataupun koperasi usaha desa bidang tanaman kelapa sawit, tentu memerlukan pengelolaan dana.

Maka, dalam rangka pendanaan pengelolaan dana perkebunan kelapa sawit ( BPDP- KS), Dinas Perkebunan Provsu dan bekerjasama dengan OPD Dinas Pertanian Labuhanbatu, menggandeng pihak Bank dan pihak perusahaan yang ada di Kabupaten Labuhanbatu.

“Kepada peserta petani PSR, bisa mengajukan permohonan pinjaman kredit berupa bantuan uang permodalan sebagai pendanaan PSR petani kepada pihak Bank yang ada didaerah Labuhanbatu,” katanya.

Sedangkan Dinas Perkebunan Provsu dan Dinas Kabupaten Labuhanbatu melalui Yusri mengatakan, terkait permohonan pinjaman pendanaan modal kepada pihak perbankan, syaratnya adalah, surat tanah yang bersertifikat asli, sebagai agunan petani PSR.

“Kami siap membantu pihak Kelompok Tani (Koptan) kelapa sawit dan Koperasi Usaha Desa (KUD) kelapa sawit, untuk mendampingi kepada pihak Bank dimaksud pendanaan tersebut,” ucap Yusril.

Sosialisasi PSR petani tersebut dihadiri dari peserta KUD P3RSU, KUD Maju Bareng Tani, KUD Maju Lancar Mandiri dan Koptan Mulia serta Koptan Tani yang berada di Kabupaten Labuhanbatu.

Sederajat Ginting peserta sosialisasi dari KUD Lancar Mandiri dan Risman Hendra juga peserta dari Koptan Sinar Tani mengungkapkan, daerah Labuhanbatu, mengharapkan kepada Pemerintah melalui Dinas Perkebunan Provsu dan Dinas Pertanian Labuhanbatu, agar lebih serius membantu Petani.

“Agar petani dapat mandiri dan berdikari untuk pengembangan usaha pertanian di bidang PSR di Kabupaten Labuhanbatu dan termasuk memberikan Benih bibit Kelapa Sawit yang berkwalitas dan bermutu unggul serta menghasilkan produksi buah kelapa sawit yang handal dipasaran” harapnya.

Selain itu, Dinas Perkebunan Provsu dan Dinas Pertanian Kabupaten Labuhanbatu, tetap berkomitmen membantu serta mendampingi para petani KUD dan Koptan untuk melakukan pengembangan dan produksi kelapa sawit kedepan.

“Juga, akan mendampingi untuk mengajukan perkreditan di Bank yang telah kita tunjuk yaitu, Bank Mandiri dan Bank BNI beserta pengusaha kelapa sawit nya adalah PT Siringo Ringo,” pungkas Yusril.

Penulis : Moratua Tanjung
Editor : Chairul Fadly

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here