Plt Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe (kiri) dan Haris Nixson Tambunan SH (kanan)/foto : ist

Onlinesumut-LABUHANBATU : Rencana pelantikan Plt Bupati Labubanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe untuk diangkat menjadi Bupati defenitif oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, mulai memicu polemik.

Situasi ini terjadi menyusul adanya penolakan dari Gerakkan Pemuda Islam Indonesia (GPII) Sumatera Utara. Namun, hal itu justru mulai menuai tentangan, setelah elemen masyarakat Labuhanbatu menuding sikap GPII itu tak berdasar hukum.

Ketua pembina advokasi pilar rakyat sumut Kabupaten Labuhanbatu Haris Nixson Tambunan SH secara tegas mengatakan, alasan penolakan yang dilontarkan GPII tidak beralasan.

“Penolakkan GPII Sumut tersebut tidak berdasar Hukum. Pelantikan Bupati merupakan jenjang peralihan kepemimpinan dari Bupati yang sebelumnya, yang telah dipidana” tegas Haris kepada Onlinesumut, Rabu (15/5/2019).

Menurut pria yang akrab disapa Bung Haris ini, tindak pidana yang telah dilakukan mantan Bupati Pangonal Harahap kini sudah berkekuatan hukum tetao (Incraht). Maka, secara undang undang, wakil Bupati harus diangkat menjadi bupati defenitif.

“Ya, sesuai undang undang karena berkekuatan hukum tetap, Plt Bupati harus diangkat ataupun dilantik menjadi Bupati Defenitif,” ucap pengacara kondang di Labuhanbatu itu.

Haris juga mengatakan, jika dikaitkan dengan permasalahan gaji 5 orang kepala dusun yang telah dipecat oleh oknum Kepala Desa Bandar Kumbul berinsial TH, jelas tidak ada korelasinya. Karena sepenuhnya masalah itu adalah tanggung jawab Kades TH tersebut. Dan, kasus dimaksud dalam penanganan pihak Kepolisian.

“Kalau negara telah membayarkan kepada desa dan telah diambil oleh desa, maka yg menahan hak Kadus tersebut telah melakukan perbuatan penggelapan, dan pas Kadus melaporkan ke Polisi terkait penggelapan gaji kadus dan hal itu pidana murni. Inikan proses di Polisi, bukan ke Bupati “, pungkas Haris.

Penulis : Moratua Tanjung
Editor : Chairul Fadly

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here