Polisi melakukan penjagaan aksi demo dua kelompok massa yang berjumlah ribuan orang di kantor Bawaslu Sumut, Jalan Adam Malik, Medan, Jumat (10/5/2019). (Foto: Istimewa)

Onlinesumut-MEDAN: Sekitar ribuan massa Solidaritas Rakyat Anti Makar (SERAM) memadati kawasan Kantor Bawaslu Sumatera Utara (Sumut), di Jalan Adam Malik, Medan, Jumat (10/5/2019). Mereka datang untuk memberikan dukungan kepada Bawaslu Sumut, KPU Sumut yang terlibat dalam penyelenggaraan Pemilu 2019.

Massa datang dengan menggunakan pita merah putih yang diikatkan ke kepala. Mereka berorasi dan berkerumun di depan Kantor Bawaslu Sumut. “Mari kita kawal KPU dan Bawaslu,” ucap Junhadial, Koordinator aksi, Junhaidal, Jumat (10/5/2019).

Di waktu yang sama, massa ormas Islam juga melakukan aksi unjuk rasa. Mereka hendak mendatangi Kantor Bawaslu Sumut. Dua kelompok massa aksi mendapatkan penjagaan dari pihak kepolisian yang telah berjaga di Jalan Adam Malik.

Demo yang berlangsung sempat memanas, bahkan sebagian pengunjuk rasa yang berada di kawasan tugu Adi Pura terlihat membawa bambu, dan tongkat kayu untuk menghadang pendemo yang datang dari arah Jalan Adam Malik.

Dengan sigap, pihak kepolisian langsung menghadang massa yang berada di kawasan tugu Adi Pura tersebut.

Sejumlah kendaraan taktis pun sudah disiapkan di kawasan Kantor Bawaslu Sumut. Mulai dari Mobil meriam air, mobil barrier yang mengangkut kawat berduri dan sejumlah mobil patroli. Aksi tersebut akhirnya reda setelah pihak kepolisian meredam massa yang membawa bambu dan kayu tersebut.

Kapolrestabes Medan Kombes Dadang Hartanto yang ditemui di lokasi mengatakan, pihaknya menyiapkan 1.500 personel yang di sebar ke sejumlah titik. “Ada tiga titik yang menjadi pengamanan yakni Bawaslu Sumut, KPU Sumut dan Hotel JW Marriott,” pungkas Dadang.

Penulis/Editor: Budi Wasisto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here