Kondisi Gunung Api Sinabung di Karo yang masih mengeluarkan abu vulkanik pasca erupsi pagi tadi/foto : ist

Onlinesumut-KARO : Setelah berbulan-bulan terpantau sepi dari aktivitas, Gunung Api Sinabung di Kab. Karo, Sumatera Utara, Selasa (7/5/2019) sekitar pukul 06:41 WIB kembali erupsi.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melalui Kepala Pos Pengamatan Gunung Sinabung Armen Putra dalam postingannya mengungkapkan, geliat erupsi Sinabung kali inj disertai dengan lontaran kolom abu lebih kurang 2 kilometer (2.000 m) di atas puncak gunung 4.460 meter di atas permukaan laut.

“Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur dan tenggara. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 120 mm dan durasi ± 42 menit 49 detik” terang Armen.

Hujan Abu

Armen Putra juga mengatakan, pasca erupsi masih terus terjadi hujan abu di sejumlah wilayah di sekitar gubung. Bahkab ia kembali mengingatkan, sampai saat ini, Sinabung berada pada Status Level IV (Awas).

“Kita masih menerapkan rekomendasi bagi masyarakat atau pengunjung agar tidak melakukan aktivitas di dalam radius 3 km untuk sektor Utara-Barat, 4 km untuk sektor Selatan-Barat, dan dalam jarak 7 km untuk sektor Selatan-Tenggara, di dalam jarak 6 km untuk sektor Tenggara-Timur serta di dalam jarak 4 km untuk sektor Utara-Timur” paparnya.

Kemudian, masyarakat yang bermukim di sepanjang aliran sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar mewaspadai potensi banjir lahar terutama pada saat terjadi hujan lebat.

Editor : Yudis/rel

 

ID:2633 Responsif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here