Manager PLN UP3 Binjai Dicky Hiwardi berfoto bersama peserta Lomba memasak menggunakan Kompor Induksi PLN UP3 Binjai/foto : ist

Onlinesumut-BINJAI : Kebutuhan listrik di era ini, terus mengalami peningkatan. Keberadaannya bahkan mulai menyaingi Bahan Bakar Minyak (BBM), termasuk untuk urusan rumah tangga.

Untuk itu, masih dalam suasana semarak peringatan Hari Kartini yang jatuh 21 April 2019 lalu, PLN UP3 Binjai, mengenalkan Electrifying Lifestyle atau gaya hidup menggunakan tenaga listrik untuk kaum perempuan.

Semua itu tertuang dalam kegiatan electrifying lifestyle lomba memasak dengan kompor induksi atau kompor listrik yang digelar di halaman kantor PLN UP3 Binjai, Jl. Amir Hamzah, Kota Binjai, Selasa (23/4/2019).

Manager PLN UP3 Binjai Dicky Hiwardi mengatakan, peringatan Hari Kartini ini menjadi momen pihaknya untuk mensosialisasikan penggunaan Kompor Induksi.

Karena dari internal PLN sendiri, kata Dicky, sudah mengubah pola pemakaian peralatan memasak.

“Awalnya dari menggunakan kompor gas dan saat ini bertahap beralih menggunakan kompor induksi karena di kompor induksi sendiri berdasarkan penelitiannya memiliki beberapa keuntungan dalam hal mungkin biayanya lebih murah dibandingkan menggunakan kompor gas dan lebih safety bagi pengguna kompor induksi tersebut” ungkap Dicky.

Sementara, Supervisor Pemasaran dan Pelayanan Pelanggan PLN UP3 Binjai Ainul Mardiah sekaligus Ketua Panitia Lomba Memasak mengatakan bahwa kegiatan ini digelar secara serentak di seluruh UP3 dan ULP jajaran PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Utara.

“Dalam kegiatan bertema electrifying lifestyle pada peringatan hari kartini ini, kita mengadakan lomba memasak dengan kompor induksi. Jadi kebetulan hari kartini itu jatuh pada hari minggu, pas libur, makanya kegiatan ini kita gelar pada hari ini” ujarnya.

Terkait kegiatan ini, Ainul menjelaskan, sosialisasi electrifying lifestyle ini, bisa menjadi momen semua masyarakat khususnya ibu rumah tangga ke depan harus menggunakan kompor induksi dalam kesehariannya, supaya penggunaan peralatan listrik itu bisa terus melekat dalam kehidupan.

“Kalau perbandingannya jelas lebih menguntungkan menggunakan kompor induksi karena lebih simple. Kalau dihitung per kWh nya juga dibandingan dengan kompor gas, jauh lebih murah menggunakan Kompor Induksi” paparnya.

Untuk kegiatan ini, kata Ainul, pesertanya adalah seluruh pegawai PLN dan kelurga besar perusahaan BUMN itu termasuk dari anak perusahaan.

“Kebetulan peringatan hari kartini, jadi pesertanya itu pegawai. Prianya memasakkan untuk para kartini-kartini atau pegawai Wanita PLN UP3 Binjai” sebutnya.

Tak hanya menarik, kegiatan inipun berlangsung meriah. “Karena memang tidak seperti biasanya melihat para lelaki memasak. Apalagi selama ini para bapak-bapak memegang bolpoint, computer dan kertas. Jadi khusus hari ini, karena keistimewaan hari kartini, para bapak-bapak kita memegang sendok goreng, kuali, kompor induksi, bawang dan segala peralatan macam-macam untuk memasaknya, lalu pegawai yang Ibu-ibu bagian menilai sebagai dewan Juri” pungkasnya.

Penulis/Editor : Chairul Fadly

 

ID:2633 Responsif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here