Manager PLN UP3 Medan Utara Rizal Azhari memberikan keterangan kepada wartawan/foto : ist

Onlinesumut-MEDAN : Hanya tinggal dua hari lagi, bangsa ini bakal menentukan nasibnya 5 tahun ke depan. 2 pasangan Capres-Cawapres dan calon anggota legislatif mulai tingkat DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten Kota akan berkompetisi merebut kursi di parlemen.

Untuk menyukseskan itu semua, seluruh instrumen negara pun dipastikan bakal dibuat repot. Tak terkecuali PLN sebagai penyedia listrik dalam negeri.

Salahsatu BUMN inipun dituntut sigap untuk mencegah dan mengantisipasi pemadaman listrik alias ‘byarpet’ di wilayah kerjanya masing-masing.

Misalnya saja yang kini dilakukan PLN UP3 Medan Utara. Demi menjaga kehandalan listrik pada pesta demokrasi 17 April 2019 nanti, unit baru di jajaran PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Utara ini sengaja mendirikan 6 posko khusus.

Sebagai bentuk kesiapsiagaan itu, Manager PLN UP3 Medan Utara Rizal Azhari mengatakan bahwa pihaknya sudah mendata Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Tempat Pemilihan Suara (TPS).

Dijelaskan Rizal, untuk wilayah kerja Medan Utara ada 9 PPK dan 1273 TPS yang bakal dipantau secara intens oleh pihaknya. Selain itu, turut pula dipersiapkan 7 posko. Selain di kantor PLN UP3 sendiri, juga dibangunan posko di ULP Medan Timur, ULP Medan Helvetia, ULP Medan Labuhan dan ULP Belawan. Khusus Belawan terdapat 2 PPK, sedangkan cabang lain hanya 1 PPK.

“Untuk personel kita sudah siapkan 108 orang, jadi 8 orang ini kita siapkan tiap TPS untuk pencegahan pemadaman, pastinya mereka standby di tiap TPS tersebut,” kata Rizal dalam kegiatan Coffe Morning bersama wartawan di Locale Coffe, Senin (15/4/2019).

Selain personel, kata Rizal, pihaknya juga menyiapkan trafo mobil dan 8 genset dengan daya 5,5 kW dan 5 kW masing-masing 4 unit.

“Kita juga menyediakan lampu emergency masing masing 5 unit. Semua ini dilakukan untuk mencegah pemadaman listrik jika tiba-tiba ada pemadaman di lingkungan tempat pemilihan,” ujarnya

Ditambahkannya, mengingat penghitungan suara dilakukan siang hari, tentu pihak PPK sangat membutuhkan listrik. Untuk itu, PLN UP3 Medan Utara sudah menyiapkan kebutuhan listrik agar penanggulangan ‘byarpet’ langsung dipulihkan jika terjadi secara tiba-tiba.

Penulis/Editor : Chairul Fadly

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here