Ketua KPU Sumut Yulhasni bersama komisioner lainnya memberikan keterangan pers terkait kesiapan mereka dalam Pemilu 2019/foto : chairul

Onlinesumut-MEDAN : Komisi Pemilihan Umum Sumatera Utara (KPU Sumut), memastikan siap melaksanakan Pemilu 2019.

Ketua KPU Sumut Yulhasni dalam keterangannya kepada wartawan mengatakan, sejauh ini juga tidak ada masalah dalam persiapan, termasuk persoalan logistik pemilu yang telah didistribusikan ke semua daerah di seluruh Kabupaten/Kota.

“Memang ada sedikit terkendala dalam proses pendistribusian logistik yaitu di daerah Nias. Tetapi Alhamdulillah, logistik telah sampai ketujuan dan KPPS bertanggung jawab atas pengiriman logistic pemilu” pungkasnya.

Ir. Benget Manahan Silitonga dan beberapa komisioner lainnya juga menyampaikan bahwa saat ini anggota KPPS di lapangan telah melakukan pendistribusian C6 ke masyarakat yang telah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Pencoblosan dimulai dar pukul 07.00 s/d pukul 13.00 WIB dan harus membawa C6 serta menunjukkan e-KTP, Sim atau Paspor ” terangnya.

Bagi masyarakat yang tidak terdaftar di DPT, katanya, tetap dapat menggunakan hak pilihnya. Namun diwajibkan membawa e-KTP ataupun surat keterangan dari Disdukcapil, dan hanya dibenarkan datang ke TPS di wilayah tempat tinggalnya.

Kata Benget, masyarakat masih dapat mencoblos, namun dilayani pada pukul 12.00 sampai pukul 13.00 WIB, dengan syarat melihat ketersediaan surat suara, atau dikategorikan pemilih khusus.

“Disini masyarakat tidak perlu khawatir, misalnya masyarakat masih dalam antrian mencoblos tetapi sudah mendaftar, walaupun waktu menunjukkan sudah habis? tetap akan dilayanin oleh anggota KPPS ditempat” tuturnya.

Dijelaskannya juga bahwa penghitungan C1 Plano, dimulai dari pemilu Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota, C1 Plano bisa di didokumentasikan oleh berbagai pihak, termaksud masyarakat, dapat berupa foto atau video.

Dikatakannya juga, saat ini KPU dan PLN telah bersinergi dalam sukses Pemilu 2019 ini.

“Pihak PLN telah banyak memberikan kontribusi kerjasamanya, termasuk dengan menyiagakan petugas-petugas siaga di beberapa titik TPS dan menempatkan mesin-mesin genset, serta memberikan lampu emergency serta alat penunjang lainya” sebut Benget.

Penulis/Editor : Chairul Fadly

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here