Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution didampingi GM PLN UIW Sumut Feby Joko Priharto dan jajaran Manager PLN UP3 mengecek langsung kesiapan dan kelengkapan petugas yang akan senantiasa menjaga keandalan pasokan listrik jelang Pemilu 2019/foto : yudis

Onlinesumut-MEDAN : Jajaran PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Utara (UIW Sumut), menggelar Apel Siaga Kelistrikan dalam menjaga kehandalan pasokan listrik untuk persiapan Pemilu 2019 di Lapangan Benteng, Medan, Jumat (12/4/2019).

Selain dihadiri Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution sekaligus bertindak sebagai pimpinan apel, turut hadir GM PLN UIW Sumut Feby Joko Priharto, perwakilan KPU Sumut, Pimpinan OPD Pemko Medan, jajaran Senior Manager dan Manager serta seluruh perangkat kerja PLN di Wilayah kerja Sumatera Utara.

Walikota Medan Dzulmi Eldin dalam amanat tertulis yang disampaikan Wakil Walikota Akhyar Nasution dalam Apel Siaga Kelistrikan menyampaikan respon positifnya atas kesigapan PLN mendukung pelaksanaan Pemilu 2019 di Kota Medan maupun seluruh Sumatera Utara.

“Pemerintah Kota Medan yakin PLN akan berhasil menjaga kehandalan pasokan listrik sehingga pesta demokrasi ini dapat berjalan aman, lancar dan tentram” ucapnya.

Akhyar juga mengungkapkan, Pemilu serentak 17 April 2019 nanti merupakan salahsatu pemilu yang paling besar dan paling kompleks, sehingga banyak media lokal maupun media internasioanl yang akan turun langsung meliput momen bersejarah bagi Indonesia.

“Semua dipersiapkan dengan detail sehingga hari pencoblosan maupun saat perhitungan rekapitulasi suara nanti tidak ada halangan yang terjadi. Sebab hambatan sekecil apapun bisa menganggu jalannya pesta demokrasi yang jujur dan adil” terangnya.

Untuk itu, kata Akhyar, yang harus dipersiapkan adalah masalah penyediaan pasokan arus listrik jelang hari-hari kegiatan.

“Karena ini merupakan upaya untuk meraih keselarasan hati dan pikiran agar senantiasa memastikan bahwa seluruh sistem kelistrikan aman di di seluruh Medan, Binjai dan Lubukpakam, zelama periode siaga pemilu mulai Maret hingga Mei 2019” paparnya.

Ia juga mengajak seluruh personel harus mampu melayani semua perangkat pemilu yang mengutamakan 3 prinsip yaitu profesional, proposional dan prosedural.

Selain itu, lanjutnya, kegiatan pemilu ini juga harus mengutamakan budaya peduli, tangkap dan juga melaksanakan komitmen bahwa tidak ada yang lebih penting adalah jiwa manusia.

“Peralatan kerja, alat pelindung diri, armada pelayanan teknis dan peralatan harus selalu dipastikan dalam kondisi yang siap dan sesuai standart dalam mendukung pengamanan keandalan pasokan tenaga listrik dan semua pekerja harus bekerja sesuai SOP” tandasnya.

Sementara General Manager PLN UIW Sumut Feby Joko Priharto mengatakan, apel siaga ini bertujuan untuk mengecek kesiapan seluruh petugas beserta peralatannya.

“Di samping itu, hal ini juga dilakukan untuk memastikan kesiagaan seluruh perangkat termasuk Gardu Induk, Gardu Hubung dan PDKB Sumatera. Supaya kami bisa meyakinkan bahwa pelaksanaan Pemilu 2019 di Sumatera Utara bisa berlangsung tenang dan berjalan lancar tanpa terjadi pemadaman listrik” ungkapnya.

Feby juga mengatakan bahwa Beban Puncak di Sumatera Utara yang saat ini sebesar 2.150 MW, dengan reserve margin atau cadangan daya yang tersedia di Sumatera Utara sebesar 5-7%.

“Dengan cadangan itu, kami optimis tidak akan terjadi pemadaman selama persiapan Pemilu 2019,” ucap Feby optimis.

Feby menambahkan, untuk kesiapsiagaan itu, PLN mengerahkan 290 Unit Genset Mobile, 11 Unit UPS, 48 Unit Gardu Bergerak untuk mendukung kehandalan pasokan listrik selama persiapan Pemilu 2019

Di samping itu, lanjutnya dari penjelasan seluruh perangkat PLN yang terlibat bahwa petugas dan peralatan kini sudah siap, termasuk sudah dikalibrasi.

“Agar semua itu terbukti, dalam apel ini kami juga sengaja melakukan demo bagaimana penangangan jika terjadi gangguan. Ini dilakukan untuk meyakinkan kami bahwa petugas selalu memperhatikan K3 dan dalam melaksanakan pengerjaan pemeliharaan di lapangan” tegas Feby.

Pesan Feby, dengan 2.456 Personel bertugas di 300 Posko yang akan melayani pelanggan selama 24 jam, pelanggan dapat mengakses komunikasi PLN melalui Contact Center PLN 123 menjadi garda depan bagi PLN untuk berkomunikasi dengan pelanggan secara langsung melalui sistem online selama 7×24 jam, yang dapat diakses melalui Telepon: 123, HP: (kode area) 123, E-mail: pln123@pln.co.id, Facebook: PLN 123, Twitter: @PLN_123, dan Website: www.pln.co.id.

“Atau bagi pengguna smartphone, dapat juga mengunduh aplikasi PLN Mobile di Play Store maupun App Store untuk Layanan Informasi, Tagihan Listrik, Pengaduan Gangguan, Pemasangan Baru, Perubahan Daya dan sebagainya” pungkasnya.

Penulis/Editor : Yudhistira

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here