3 orang Ketua Kelompok Tani (Koptan) Desa Meranti Paham, Kec.Panai Hulu Labuhanbatu memperlihatkan surat pernyataan, bahwa berita yang ditulis oknum wartawan media online Riau.com adalah Hoax dan tidak bisa dipertanggungjawabkan/foto : mora

Onlinesumut-LABUHANBATU : Kelompok Tani (Koptan) di Desa Meranti Paham, Kec. Panai Hulu, Kab Labuhanbatu, mengaku kerap menjadi sasaran hoax (berita bohong) dari oknum wartawan media Online.

Ironisnya lagi, tak hanya diganggu, sang oknum yang berdomisili didaerah Ajamu, Kec. Panai Hulu itu juga kabarnya turut melakukan pemerasan.

Pengakuan itu diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Labuhanbatu, Agus Salim Ritonga, kepada Onlinesumut, di kantor Dinas Pertanian, Jl. WR Supratman Kec. Rantau Utara, Kamis (11/4/2019).

Menurut Agus, oknum wartawan itu beraksi bersama rekannya dari salahsatu LSM.

“Oknum dari salahsatu media Online bersama rekannya di Panai Hulu, selalu mendatangi Koptan tersebut dan kerap menggangu aktivitas petani Koptan, serta meminta imbalan berupa uang kepada Ketua Koptan di Desa Meranti Paham tersebut. Ini sangat kita sesalkan” ucapnya prihatin.

Agus juga menerangkan, modus oknum wartawan dan rekannya tersebut dengan cara menakut-nakuti Ketua Koptan akan diberitakan tentang adanya dugaan sengaja menyewakan alat sistem pertanian (alsistan) berupa Excavator PC 145 milik Koptan Desa Meranti Paham.

“Gitulah modus oknum media Online dan rekan itu, menakut nakuti Koptan agar diberikan imbalan. Padahal, kita ketahui bahwa Ketua Koptan tersebut tidak benar ada melakukan penyewaan Alsistan Excavator PC 145 tersebut kepada pihak lain ataupun perorangan lainnya di Desa Meranti Paham. Itu tidak benar” bantah Agus.

Agus menduga, perbuatan mereka terkait kepentingan oknum wartawan dan rekan-rekannya tersebut atas lahan pertanian, dengan tujuan mau memakai Alsistan Excavator PC 145 tersebut, untuk kepentingan pribadi.

“Belakangan hari, Ketua Koptan di Desa Meranti Paham tersebut, tidak mau meladeni kehendak oknum oknum tersebut. Selanjutnya, oknum salahsatu media Online, memberitakan Ketua Koptan Sumber Rezeki Desa Meranti Paham Boniran bersama Ketua Koptan lainnya melakukan dugaan menyewa-nyewakan Alsistan Excavator milik Koptan kepada pihak luar. Dan, diduga Kadis Pertanian terlibat bisnis sewa menyewa Altistan Excavator pertanian tersebut ” ujarnya.

Namun, sambung Agus, berita yang dibuat oleh oknum wartawan media online tersebut, tidak benar adanya dan tidak bisa dipertanggungjawabkan oleh oknum media online bersama rekannya bernama Waluyo yang merupakan mantan operator Excavator.

“Beritanya tidak benar dan Hoax”, terang Agus.

Ketua Koptan Sumber Rezeki Boniran, Ketua Koptan Tani Maju Suwedi dan Ketua Koptan Tani Tanjung Ismoyo di Desa Meranti Paham senada juga membenarkan keterangan dari Kadis Pertanian Labuhanbatu Agus Salim Ritonga.

3 orang Ketua Koptan Desa Meranti Paham tersebut, membuat surat pernyataan diatas kertas bermaterai 6000 dengan pernyataan, bahwa berita berita yang dibuat oleh oknum disalahsatu media Online terbitan Riau.com tentang sewa menyewa Alsistan Excavator kepada orang lain ataupun kepada pengusaha perorangan adalah tidak benar.

“Itu tidak benar dan tidak ada melibatkan bisnis dengan Kadis Pertanian Labuhanbatu Agus Salim. Bahwasanya, berita yang dibuat oleh oknum media tersebut adalah Hoax dan begitu juga keterangan dari sumber bernama Waluyo adalah bohong serta Hoax, tidak bisa dipertanggung jawabkan” Demikian bunyi surat pernyataan dari 3 orang Ketua Koptan Desa Meranti Paham tertanggal 7 April 2019 yang ditandatangani mereka bersama.

Penulis : Moratua Tanjung
Editor : Chairul Fadly

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here