Caleg Gerindra untuk DPR RI Iskandar HP Sitorus menyampaikan visi sekaligus rasa terimakasihnya kepada 4 marga dalam kegiatan Panguan Marga Sitorus serta Boru dan Bere di Kota Tebingtinggi melakukan Kegiatan Sipasingot Huhut Tangiang/foto : van

Onlinesumut-TEBINGTINGGI : Bagi masyarakat suku Batak, mendukung saudara semarganya yang memiliki hajat tertentu, sudah menjadi kewajiban. Semua dilakukan demi menjaga kearifan lokal dan adat istiadat yang sudah ada sejak dahulu kala.

Begitu juga dalam urusan politik seperti perhelatan Pemilu 2019 yang akan digelar di republik ini. Di negara demokrasi ini, suku Batak menjadi salahsatu perangkat penting dalam menyukseskan pesta lima tahunan ini.

Bukan hanya sebatas warga negara, namun ternyata banyak masyatakat Batak yang turut mencoba peruntungan dengan ikut serta sebagai calon anggota legislatif.

Untuk meraup suara, setiap caleg dari suku ini hampir dipastikan berupaya sekuat mungkin untuk menghimpun pemilih dari rumpunnya.

Sebut saja nama Caleg untuk DPR RI dari Partai Gerindra Iskandar HP Sitorus. Meski dukungan dari berbagai kalangan terus mengalir terhadapnya, pria berjuluk ‘Si Kancil dari Medan’ ini tak lupa dengan asalnya.

Caranya merangkul seluruh elemen suku Batak pun, membuatnya terus kebanjiran dukungan dari berbagai kelompok etnis ini.

Setelah dukungan dari keluarga besar Manurung dan Sitorus di Deliserdang, Jumat (5/4/2019), giliran Panguan Marga Sitorus serta Boru dan Bere di Kota Tebingtinggi melakukan Kegiatan Sipasingot Huhut Tangiang.

Dalam kultur budaya Batak, kegiatan ini bermakna memberi nasihat dan doa kepada sesama kerabat. Ini pula kembali dilakukan keturunan Raja Nairasaon yang terdiri dari marga Manurung, Sitorus, Sirait dan Butarbutar kepada Iskandar HP Sitorus yang maju dari Dapil Sumut 1 nomor urut 4 ini.

Yang menjadi pembeda, kegiatan ini dilaksanakan di Restoran Iga-Iga Bakso, Jl. Yos Sudarso, Tebingtinggi dalam konteks modern.

Dalam kegiatan ini, para keturunan marga Sitorus Boru Bere yang ada di Kota Tebingtinggi dan sekitarnya memberi nasehat kepada Iskandar HP Sitorus yang nantinya diharapkan bisa mewakili suara suku Batak khususnya marga Sitorus di Senayan kelak.

Nasihat pertama kali disampaikan Hisar Sitorus. Pensiunan perwira polisi berpangkat Komisaris Polisi itu dengan tenang menyampaikan agar Iskandar HP Sitorus bisa menjaga nama baik marga Sitorus bila nantinya terpilih menjadi anggota DPR RI.

Sedangkan dari perwakilan marga Manurung, Sirait, Butarbutar secara umum dalam kegiatan ini juga memberikan dukungan penuh kepada Iskandar HP Sitorus untuk menuju ke Senayan .

Sementara Wesly Sirait selaku Ketua Panitia Ulang Tahun marga di Kota Tebingtinggi ini berharap kepada Iskandar HP Sitorus bila kelak terpilih menjadi anggota DPR RI dapat menjadi perpanjangan suara rakyat Sumatera Utara, sehingga pembangunan di provinsi dapat lebih maju lagi .

Acara Sipasingot Huhut Tangiang ini diakhiri dengan acara doa bersama yang di pimpin salah seorang tokoh marga Sitorus yang berpesan agar semuanya mengambil hikmah dalam acara ini.

Penulis/Editor : Ivan

 

ID:2633 Responsif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here