Ketua Lembaga Survey Onlinesumut, Yudhistira (kiri) didampingi Surveyor Onlinesumut Putra Rambo Silalahi, memberikan keterangan tentang mengukur dan menakar tingkat elektabilitas perilaku pemilih terhadap keinginan dalam memilih Caleg dari partai Gerindra untuk Dapil Sumut 1/foto : rul

Onlinesumut -MEDAN : Sebagai salahsatu lembaga survei yang kredibel, Rabu (20/3/2019), Onlinesumut kembali merilis hasil surveI yang diperoleh dengan cara menyebarkan kuisioner wawancara tatap langsung untuk jajak pendapat.

Hal inu bertujuan untuk mengukur dan menakar tingkat elektabilitas perilaku pemilih terhadap keinginan dalam memilih Calon Legislatif (Caleg) dari partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) untuk Daerah Pemilihan Sumatera Utara (Dapil Sumut) 1.

“Untuk mendapatkan hasil maksimal, metodelogi yang dilakukan dengan menggunakan 526 responden baik wanita/pria yang tersebar di kota Medan, Deliserdang, Serdangbedagai dan Tebingtinggi” ungkap Yudhistira, Ketua Lembaga Survei Onlinesumut dalam keterangan persnya di salahsatu cafe di Jl. Sei Belutu, Medan.

Survei atau wawancara, katanya, dilakukan dengan sampling error +/- 4,36 % dan memiliki tingkat kepercayaan 95,64%.

Sementara, Surveyor Putra Rambo Silalahi menambahkan, penyebaran kuisioner dilakukan dengan terlebih dahulu memvalidasi Nomor Induk Kependudukan (NIK) responden lewat situs www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id serta nomor handphone (HP).

“Survei dan polling menggunakan data survey yang salah satu materi pertanyaan memuat susunan nama Caleg partai Gerindra berdasar data yang tersaji di situs KPU RI dengan penyebaran quisioner dilakukan di kota Medan sekitarnya, termasuk kabupaten Deliserdang, Serdangbedagai dan Tebingtinggi dengan jumlah populasi 526 responden yang dilakukan dari tanggal 12 s/d 18 Maret 2019 didanai Onlinesumut.com” beber Rambo Silalahi.

Kata Rambo, data tersebut diambil dengan menggunakan metode multistage random sampling dalam teknik pengambilan sampel responden.

“Dari hasil survei berdasar tatap muka terkait elektabilitas Caleg DPR RI partai Gerindra dari Dapil Sumut 1 yang meliputi kota Medan, kabupaten Deliserdang, Serdangbedagai dan Tebingtinggi untuk pemilu legislatif (Pileg) 2019, didapat hasil, bahwa dari 10 nama Caleg partai Gerindra di Dapil Sumut 1, Caleg bernama Iskandar HP Sitorus, SH mendapatkan peringkat tertinggi” ungkapnya.

Tingkat keterpilihan Iskandar HP Sitorus mencapai angka 40,6 %. Kemudian disusul calon lainnya yang memiliki elektabilitas sebesar 27,4% untuk Romo H.R. Muhammad Syafii, SH,.M.Hum, M. Husni 15%, Hj Fatmawati, SH 4,5%, Siti Jamaliah, SH 4,4%, dan Emil M. Ibrahim, SH., MBA sebesar 4,5%. Sedangkan 3,6% lagi tidak menjawab.

“Menurut survei, bahwa nama-nama itu didapat berdasarkan pertanyaan terbuka kepada responden. Dari 10 kursi yang diperebutkan, diperkirakan partai Gerindra menang total di Dapil Sumut 1” papar Rambo.

Meski Iskandar HP Sitorus sebagai pendatang baru, sambungnya, namun namanya melejit dari kalangan kader partai Gerindra. “Program dor to door dengan penempelan stiker ke rumah rumah warga bisa menjadi salah satu alasan Iskandar HP Sitorus melejit elektabilitasnya” urainya.

Sebagai informasi, survei yang dilakukan Onlinesumut.com mengambil responden sebanyak 526 orang mewakili tiap kecamatan populasi terbesar dan menggunakan metode pengambilan sampel secara acak bertingkat (multistage random). Tingkat kepercayaan sebesar 9,64 persen dan margin of error sebesar 4,36%.

“Basis suara partai Gerindra di Dapil Sumut 1 sendiri ingin melakukan perubahan dengan cara mengganti Presiden. Sampel yang diperoleh menunjukkan bahwa 95,5% atau 492 responden ingin Prabowo menjadi Presiden dan 4,5% atau 23 responden ingin Jokowi melanjutkan kepemimpnanya” pungkasnya.

Penulis/Editor : Chairul Fadly

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here