Home Hukum Wow..Gedung DPRD Labuhanbatu Diduga Tak Kantongi Izin ABT Sumur Bor

Wow..Gedung DPRD Labuhanbatu Diduga Tak Kantongi Izin ABT Sumur Bor

0
48
Sumur bor dalam pemanfaatan ABT di Gedung DPRD Kab. Labuhanbatu yang diduga tidak mengantongi izin sumur bor ABT/foto : mora

Onlinesumut-RANTAUPRAPAT : Isu miring mendadak merebak di Gedung DPRD Kab. Labuhanbatu. Ternyata ini terkait gedung mewah wakil rakyat itu tidak mengantongi izin penggunaan resepan Air Bawah Tanah (ABT) dari Gubernur Provinsi Sumut dalam hal ini Dinas Sumber Daya Air Provinsi Sumatera Utara.

Padahal berdasarkan Undang Undang dan Peraturan Pemerintah nonor 121 tahun 2015 tentang izin pengusahaan dan pemanfaatan air bawah tanah tersebut, sebagaimana dimaksud pasal 32, gedung itu harus mengantongi izin ABT atas pembuatan sumur bor.

Terungkapnya masalah ini berdasarkan pengakuan Ketua DPRD Labuhanbatu Dahlan Bukhori melalui Kasubbag Umumnya H Dame S kepada Onlinesumut, Rabu (13/3/2019) di gedung dewan.

Dame S sewaktu dikonfirmasi mengatakan, bahwa terkait dokumen izin pengadaan sumur bor dalam penggunaan dan pemanfaatan air bawah tanah tersebut tidak ada.

“Apa harus ada izin ABT tersebut dari Provinsi Sumut. Baru ini saya ketahui. Ya, tidak tau lah kita itu” katanya dengan wajah terlihat bingung.

Kasubbag Umum DPRD Labuhanbatu itu mengakui, bahwa di Gedung DPRD ada 3 unit sumur bor ABT yang digunakan.

“Ada 3 sumur bor kita di DPRD ini. Itu sudah lama dan air sumur bor tersebut keruh serta campur berlumpur ” sebutnya.

Sebelumnya, Kepala UPT Sumber Daya Air dan Pertambangan Energi provinsi Sunut untuk wilayah Kab. Labuhanbatu Zulkifli Perangin Angin kepada wartawan di Kota Rantauprapat menyebutkan, bahwa pemanfaatan ABT melalui pembuatan ataupun pengadaan sumur bor dengan memakai alat mesin pengeboran ABT harus berizin.

“Di dalam Undang Undang tentang Sumber Daya Air dan Peraturan Menteri serta Peraturan Pemerintah RI tentang izin pengusahaan dan pemanfaatan ABT, baik itu di kantor Pemerintahan maupun di tempat badan usaha swasta, perhotelan dan badan usaha perseorangan harus memiliki dokumen izin penggunaan dan pemanfaatan ABT melalui pengeboran sumur bor. Izin tersebut dari Pemerintahan Provinsi Sumut. Dan, bila izin nya tidak ada, akan dilakukan tindakan penutupan dari penggunaan sumur bor tersebut” terang Zulkifli Perangin Angin kemarin

Penulis : Moratua Tanjung
Editor : Chairul Fadly

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here