Paban V/Bakti TNI Kolonel Inf Yudianto Putrajaya, SE, MM meninjau pengobatan massal gratis/foto : edi

Onlinesumut-NIAS : Ratusan warga Nias antusias memeriksakan kesehatannya secara gratis dalam pelaksanaan Bakti Sosial (Baksos) pelayanan kesehatan berupa pengobatan massal dalam rangka program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 di Kabupaten Nias wilayah Kodim 0213 Nias, Rabu (12/03/2019).

Antusiasme warga itu terlihat saat jumlah warga yang hadir dalam kegiatan di halaman Kantor Camat Bawolato itu membludak. Sesuai pendataan awal, jumlah warga yang akan menjalani perobatan dan pemeriksaan 300 orang, melonjak menjadi 600 orang.

“Warga sangat antusias memeriksakan kesehatannya. Target awal 300 orang ternyata naik drastis menjadi 600 orang” ujar Paban V/Bakti TNI, Kolonel Inf Yudianto Putrajaya, SE, MM usai meninjau Baksos Yankes TMMD ke-104.

Ddampingi Dandim 0213 Nias Letkol Reymon Purba, Yudianto menjelaskan, kegiatan ini merupakan bentuk penguatan TMMD ke-104 di wilayah Nias.

“Kegiatan bakti sosial dan pengobatan massal kepada masyarat di wilayah Nias dalam rangka penguatan TMMD ke-104” sebutnya.

Rangkaian kegiatan TMMD tersebut diantaranya pengobatan umum, pengobatan gigi mulut, KB Kesehatan, Sunatan, donor darah dan penyuluhan kesehatan dengan materi rabies dan KB Kesehatan.

“Rangkaian kegiatan hari ini di Nias diawali penyuluhan kesehatan materi rabies, pengobatan massal, sunatan dan donor darah,” papar Yudianto.

Program TMMD ke-104, lanjut Yudianto merupakan lintas sektoral yang melibatkan Kementerian/LPNK terkait yang dapat disinergikan programnya pada kegiatan TMMD selama 30 hari lamanya.

“untuk kegiatan baksos hari ini, kita bekerjasama dengan Kemenkes RI sedangkan kegiatan TMMD ini bukan hanya domain TNI tetapi merupakan lintas sektoral yang melibatkan Kementerian/LPNK seperti Kemenag, Kemenperin, Kemhan, Kemendikbud, BKKBN, PKK pusat, Pemda serta kementerian lainnya,” imbuhnya.

Sementara, Camat Bawolato Elizama Gea mengapresiasi kehadiran program TMMD di daerah tersebut sebagai wujud kecintaan TNI terhadap masyarakat Nias.

“Ini tandanya kecintaan TNI terhadap masyarakat. Karena adanya pengobatan massal gratis, masyarakat pun mengambil kesempatan,” tutur Elizama.

Elizama berharap kegiatan TMMD ini terus berkelanjutan di wilayah Kabupaten Nias khususnya di Kec. Bawolato.

“Kegiatan positif ini kita harapkan dapat berkelanjutan setiap tahun di Kecamatan Bawolato agar masyarakat bisa tatap muka dengan TNI” pungkasnya.

Penulis : Edi Zega
Editor : Chairul Fadly

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here