Ilustrasi gempa/int

Onlinesumut-MEDAN : Kabupaten Aceh Singkil, Senin malam (11/3/2019) kembali diguncang gempa bumi.

Berdasarkan catatan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa bumi berkekuatan 5,5 pada Skala Richter dan tidak berpotensi tsunami.

“Tidak berpotensi tsunami,” tulis BMKG dalam situsnya.

Guncangan gempa dilaporkan terjadi pada pukul 20.26 WIB itu, terdeteksi pada koordinat 1,93 Lintang Utara dan 97,83 Bujur Timur atau 47 km Baratdaya Kab. Aceh Singkil.

Pusat gempa berada sekitar 47 km arah Baratdaya dari Aceh Singkil dengan kedalaman 19 km.

Mengenai kondisi tersebut, Nisa warga Kecamatan Gosong Telaga, Aceh Singkil yang dihubungi Onlinesumut via telepon mengungkapkan, guncangan gempa itu cukup memicu kepanikan.

“Cukup kuat. Guncangannya sekitar 1 menit. Semua warga sempat berhamburan keluar rumah” kisah Nisa yang mengaku saat kejadian ia sedang menidurkan bayinya.

Namun, kata Nisa, kini situasi sudah normal kembali. “Warga sudah kembali ke rumah masing-masing. Cuma ya harus tetap waspada karena kan disini di tepi laut” paparnya.

Sementara, kendati sejauh ini belum ada laporan terkait adanya kerusakan akibat dampak gempa, namun guncangan gempa turut dirasakan hingga ke Sumatera Utara. Beberapa wilayah yang terkena dampak antara lain Tapanuli Tengah, Sibolga hingga ke Kepulauan Nias.

Penulis/Editor : Yudis

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here