AKBP Herzoni Saragih saat memperlihatkan satwa langka jenis burung yang diamankan/foto : riki

Onlinesumut-MEDAN : Tim Subdit IV/Tipiter Direktorat Reserse Kriminal Khusus Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Ditreskrimsus Poldasu) di bawah pimpinan AKBP Herizoni Saragih, berhasil membongkar sindikat penjualan satwa langka ilegal jenis burung.

Dari data yang berhasil di himpun Onlinesumut dari pihak kepolisian, Rabu (20/2/2019) terungkapnya kasus ini berawal dari informasi masyarakat sehari sebelumnya.

Dari informasi itupun petugas melakukan penyelidikan kekediaman seorang warga bernama Robby di kawasan Jl. Yos Sudarso, Gang Tower, No 5, Lingkungan I, Kel. Mabar, Kec. Medan Deli, Sumut yang merangkap sebagai tempat penangkaran berbagai jenis satwa dilindungi yang diperdagangkan secara liar.

Setelah melakukan koordinasi dengan pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) dan Dinas Kehutanan Sumut, penggerebekan pun dilancarkan.

Hasilnya, berbagai jenis burung langka yang siap diperdagangkan pelaku pun berhasil disita.

”Kita amankan dari kediaman tersangka Robby satwa langka jenis burung yaitu 5 ekor Kakatua Raja, Kesturi Raja 5 ekor, Rangkong 1 ekor, Kakatua Maluku 1 ekor, Kakatua Jambul Kuning 1 ekor dan anak Kasuari 3 ekor. Kita masih dalami kasus ini, sabar ya bos atau bisa langsung konfirmasi ke Pak Direktur sajalah, saya gak ada hak untuk menyampaikannya bos, ok,” ungkap Kasubdit IV Tipiter Poldasu, AKBP Herzoni Saragih.

Selain menyita barangbukti dan mengamankan pemilik rumah, pihak Poldasu dan BKSDA Sumut hingga kini masih melakukan pengembangan guna mengungkap sindikat penjualan satwa langka tersebut.

Penulis : Riki
Editor : Chairul Fadly

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here