Dirreskrimum Poldasu Kombes Andi Rian Djajadi memaparkan kasus pembunuhan dan perampokan wanita parobaya yang terjadi di Binjai kemarin/foto : ist

Onlinesumut-MEDAN : Kurang dari 1×24 jam, tim gabungan Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Sumut dan Polres Binjai, berhasil mengungkap kasus pembunuhan terhadap Lina, seorang wanita keturunan Tionghoa, penduduk Jl. Masjid, Gang Belimbing, Lingk III, Kel. Pekan Binjai, Kota Binjai yang terjadi Minggu, 10 Februari 2019 kemarin.

Dirreskrimum Poldasu Kombes Andi Rian Djajadi mengungkap, pelaku pembunuhan terhadap wanita 57 tahun itu berinisial RW (40). Tersangka tak berkutik saat diringkus petugas di kawasan Dolok Masihul, Kab. Serdangbedagai, Senin (11/2/2019) pagi.

“Alhamdulillah, kita ungkap jam 6 pagi tadi atau sekitar 12 jam setelah kejadian. Semua tersangka dan barang bukti dapat kita amankan” ungkap Andi Rian dalam paparan di Mapolda Sumut siang tadi.

Dalam penyergapan itu, lanjut Andi, petugas juga terpaksa melumpuhkan tersangka dengan timah panas, setelah berusaha melawan petugas saat dilakukan pengembangan untuk mencari barang bukti.

“Dia diringkus di kawasan Dolok Masihul. Barang bukti yang kita amankan berupa sepeda motor dan televisi korban, serta benda tajam yang digunakan untuk membunuh dan merampok. Kita lumpuhkan kedua kakinya karena berusaha melarikan diri” tegas Andi.

Andi juga menjelaskan, motif pembunuhan ini murni perampokan. Pelaku diketahui ingin menguasai barang-barang berharga milik korban.

“Ada beberapa alasan pelaku, namun banyak yang tidak masuk akal. Jadi kami pastikan ini perampokan”sebutnya.

Selain itu diketahui pula, pelaku ternyata tinggal tidak jauh dari rumah korban. “Malahan rumah orangtuanya hanya berjarak sekitar meter dari rumah korban” jelas mantan Kapolres Tebingtinggi itu.

Tak hanya sang eksekutor, kata Andi, pihaknya juga berhasil meringkus tiga orang penadah barang milik korban yang dibawa kabur pelaku.

Ketiga pelaku penadah barang kejahatan hasil perampokan masing-masing berinisial AJM (32), BU (25) dan SU (43). Ketiganya merupakan penduduk Kab. Serdangbedagai.

Dalam kasus ini, polisi menjerat RW dengan Pasal 365 dan Pasal 338 KUHPidana, dengan ancaman hukuman masing-masing 15 tahun penjara.

“Sedangkan tiga tersangka lainnya dijerat dengan pasal penadahan hasil kejahatan” pungkas Andi.

Seperti diketahui sebelumnya, warga Jl. Masjid, Gang Belimbing, Lingk III, Kel. Pekan Binjai, Binjai Kota, kemarin digegerkan dengan kasus pembunuhan disertai perampokan yang menimpa salah seorang warga mereka.

Korban yang belakangan diketahui bernama Lina, ditemukan tewas bersimbah darah dengan luka robek di leher bawah dan sela jari jempol kanannya. Selain itu ada juga luka tusukan senjata tajam pada dada sebelah kirinya.

Motif perampokan pun menguat setelah hasil identifikasi membuktikan raibnya sejumlah harta benda milik korban dari dalam rumahnya.

Penulis/Editor : Riki

 

ID:2633 Responsif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here