Kepala Dinas Pariwisata Kota Medan Agus Suriyono terlihat berbincang serius dengan Direktur Festival, Matthias Jochmann dan Manager Festival, Rani Jambak membahas kegiatan Festival Medan Soundspectives/foto : ist

Onlinesumut-MEDAN : Kepala Dinas Pariwisata Kota Medan Agus Suriyono didampingi beberapa orang stafnya, menerima audensi Tim Medan Soundspectives di Grand Inna Hotel, Jumat (8/2/2019).

Dalam pertemuan tersebut, Direktur Festival, Matthias Jochmann dan Manager Festival, Rani Jambak memaparkan bahwa Festival Medan Soundspectives adalah hadiah untuk merayakan keberagaman masyarakat Kota Medan.

“Kegiatan ini sendiri bertajuk mendengar melalui mata, melihat melalui telinga, Medan Soundspectives berupaya memberikan perspektif yang baru dan berbeda melihat kota Medan melalui suara” ungkap Matthias Jochmann.

Dalam even itu nantinya, sambung Matthias, akan ada pemutaran film dokumenter, film eksperimental, film bisu dan musik live, konser musik, instalasi soundscapes, workshop dan diskusi terbuka di Festival Medan Soundspectives.

“Festival ini akan diadakan pada tanggal 30-31 Maret 2019 di Andaliman Hall, Jl. Abdullah Lubis, Medan. Keterlibatan penuh oleh seniman muda kota Medan dalam karya yang dipamerkan adalah bentuk eksplorasi lebih lanjut dalam melihat dan mendengar kota Medan” ujarnya.

Melalui festival ini, Matthias berharap dapat meningkatkan kesadaran akustik di antara masyarakat kota Medan dan mendengar dengan seksama.

“Pesatnya perubahan pola komunikasi melalui sosial media membuat kita tidak lagi peduli atau mendengar secara mendalam orang-orang yang ada disekitar kita. Karena kita terfokus dengan gadget dan diri kita sendiri” sebut Matthias.

Selain itu, festival ini juga sebagai salah satu bentuk pertukaran budaya antara Indonesia-Jerman yang disponsori oleh Yayasan Kebudayaan Jerman, MitOst, Robert Bosch Stiftung dan Embassy of Federal Republic of Germany Jakarta.

Pada kesempatan tersebut, Agus Suriyono selaku Kepala Dinas Pariwisata Kota Medan menyatakan bahwa Pemerintah Kota Medan melalui Dinas Pariwisata, selain mengapresiasi, juga sangat mendukung even Festival Medan Soundspectives.

“Karena selain nantinya akan mengakomodir kegiatan dan potensi kaum milenial Kota Medan untuk berkreatifitas juga akan menjadi sarana promosi pariwisata Kota Medan di belahan bumi Eropa. Potensi budaya dan pariwisata Kota Medan pasti akan diperkenalkan melalui Yayasan Kebudayaan Jerman ini” pungkasnya.

Sementara, untuk info lebih lanjut terkakt kegiatan ini, kata Agus, bisa dilihat di jejering sosial @soundspectives#wisatamedan #colorfulmedan #medanrumahkita #FestivalMedanSoundspectives @soundspectives @pemko.medan @humas_pemkomedan dan @diskominfomedan

Penulis/Editor : Chairul

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here