Juliana Ritonga, istri dari almarhum Ilhamsyah pegawai BUMD PDAM Tirta Bina Rantau Prapat Kab Labuhanbatu, saat memberikan keterangan kepada Onlinesumut/foto : mora

Onlinesumut-RANTAUPRAPAT : Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bina Rantauprapat Labuhanbatu, H Darwinsyah SE MM, terancam dilaporkan ke pihak kepolisian.

Kasus ini bakal bergulir ke ranah hukum, setelah H Darwinsyah sebagai pejabat di perusahaan PDAM Tirta Bina Rantauprapat, tidak beritikad baik untuk membayar uang manfaat jaminan kecelakaan kerja dalam hal jaminan kematian pegawai BUMD atas nama Almarhum Budi Ilhamsyah Siagian (45), kepada yang berhak penerima uang manfaat dalam hal ini ahli waris, istri dan anaknya.

“Kalau memang tidak ada lagi itikad baik lagi dari pimpinan PDAM H Darwinsyah, untuk membayarkan uang manfaat jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian atas nama suami saya, Budi Ilhamsyah kepada kami sebagai ahli waris, dengan terpaksa, kami akan laporkan ke pihak berwajib untuk minta perlindungan hukum sebagai hak kami, ahli waris yang ditinggal almarhum suami saya Ilhamsyah” ucap Juliana, istri korban kepada wartawan, Rabu (30/1/2019).

Menurut Juliana, sebagai ahli waris, berdasarkan Undang – Undang Ketenagakerjaan RI, Peraturan Menteri Tenaga Kerja RI No 26 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, serta Peraturan Menteri No 11 Tahun 2016 tentang Pelayanan Kesehatan dan Besaran Tarif Dalam Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian dan dengan dukungan Peraturan Menteri Tenaga Kerja RI No 33 Tahun 2016 tentang Pengawasan Ketenagakerjaan.

“Berdasarkan surat nomor 26-7/Wil-IV/DTK/SU/2018 Pemerintah Provinsi Sumut Dinas Tenaga Kerja UPT Pengawasan Ketenagaankerjaan tanggal 20 Maret 2018, yang ditujukan kepada Direktur PDAM Tirta Bina Rantau Prapat, untuk segera melakukan pembayaran sekaligus, manfaat jaminan kecelakaan kerja jaminan kematian atas nama Ilhamsyah dan dibayarkan kepada ahli waris. Saya dan satu anak kami bernama Pratama Ramadhan. Namun, sampai saat ini belum ada kami terima hak kami itu”, tutup Juliana.

Sementara, Direktur Perusahaan PDAM Tirta Bina Rantauprapat Kab. Labuhanbatu H Darwinsyah SE MM, sampai saat ini terkesan bungkam terkait iuran ke BPJS Ketenagakerjaan yang belum dibayar sampai saat ini. Begitu juga dengan uang manfaat jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian dalam tugas aktif Almarhum Ilhamsyah pegawai BUMD PDAM Tirta Bina Rantauprapat kepada ahli waris.

Penulis : Moratua Tanjung
Editor : Chairul Fadly

 

ID:2633 Responsif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here