Sekdakab Labuhanbatu H Ahmad Muflih, memberikan arahan pada akhir Apel Gabungan ditahun 2018/foto : mora

Onlinesumut-LABUHANBATU : Sekretaris Daerah Kabupaten ((Sekdakab) Labuhanbatu Ahmad Muflih, SH, MM menyesalkan sikap sebagian besar Aparatur Sipil Negara (ASN) yang mangkir kerja pada hari ini, persis di penghujung 2018.

Hal itu tersirat saat Ahmad Muflih memimipun Apel Gabungan Kelompok I dan II di lingkungan Pemkab Labuhanbatu di Lapangan Diklat BKPP, Senin (31/12/2018) pagi.

Dalam amanatya, ia pun meminta dan mengimbau kepada seluruh ASN (Aparatur Sipil Negara) untuk senantiasa meningkatkan disiplin, keteladanan dan etos kerja yang tinggi untuk bergerak maju di tahun 2019.

“Hari Senin tanggal 31 Desember ini merupakan hari dan apel terakhir di Tahun 2018, Insyaa Allah yang hadir ini masih bisa memberikan kedisiplinan, keteladanan dan mudah-mudahan ini menjadi contoh bagi yang tidak hadir. Mereka (yang absen) terlalu bersemangat untuk menyambut 2019, kita masih mempunyai semangat untuk mengakhiri 2018 ini dengan kedisiplinan, mudah-mudahan dengan etos kerja yang sangat tinggi” imbaunya.

Sebenarnya, lanjutnya, ia berharap akhir apel ini seluruhnya bisa hadir. “Karena ini akhir dari pertemuan kita di 2018, karena tidak ada lagi besok hari senin di 2018 karena ini merupakan hari terakhir di 2018, kita harus meninggalkan dan meletakkan landasan yang kokoh terutama kinerja kita sehingga menjadi titik tolak untuk bergerak maju di 2019, kalau semangat mengakhiri tidak ada bagaimana semangat untuk memulai 2019” kata Ahmad Muflih.

Lebih lanjut Ahmad Muflih mengatakan, apel gabungan ini sangat strategis, terutama pada hari ini. Karena disamping untuk menegakkan disiplin, juga apel hari ini merupakan ajang silaturrahmi, bertukar informas,i terlebih-lebih masalah kinerja masing-masing di 2018. “

Mudah-mudahan saja tidak ada masalah sehingga melangkah 2019 kita dengan berani dan dengan langkah pasti” harapnya.

Oleh karena itu, kata Muflih, agenda 2018 yang harus kita kerjakan di 2019. “Pertama, Mempertanggungjawabkan semua kebijakan-kebijakan yang telah dilaksanakan pada 2018, amanat, ketentuan bahwa Laporan Keuangan telah disampaikan dan telah harus diperbuat 3 bulan setelah berakhir tahun anggaran, oleh karena itu Kepala BPKAD sebagai koordinator penyusunan Laporan Keuangan agar mempersiapkan langkah-langkah untuk percepatan penyusunan Laporan Keuangan, tentunya ini diawali dengan Laporan Keuangan dari Kepala OPD, siapkan Laporan Keuangan masing-masing 2018” tandasnya.

Menurutnya, bahwa atas Laporan Keuangan 2017 kita termasuk 5 Kabupaten/Kota yang tercepat pada waktu itu, mudah-mudahan di 2019 ini atas Laporan Keuangan 2018 kita jangan kendur.

“Bahkan kalau bisa kita paling terdepan, ini pesan kami kepada semua OPD untuk mempersiapkan Laporan Keuangan, kemudian Kepala BPKAD serta perangkatnya mempersiapkan langkah-langkah untuk percepatan ini tentu dengan Laporan yang berkualitas” ujarnya lagi.

Sekdakab juga mengatakan, 4 tahun kita masih bertahan di Wajar Dengan Pengecualian (WDP). “Kita berharap di 2019 ini mampu meraih Wajar Tanpa Pengecualian, oleh karena itu perlu mempersiapkan Laporan Keuangan dengan baik, terukur dan dapat dipertanggungjawabkan, demikian juga dengan Laporan Barang Milik Daerah, masalah Asset, Alhamdulillah masalah asset kita telah memadai, tapi mudah-mudahan dengan adanya mutasi dan mobilisasi asset 2018 ini masih bisa ditata dengan baik” paparnya.

Harap Muslih, mudah-mudahan kasus-kasus kas tidak ada yang terjadi di masing-masing OPD, kemudian menjelang 2019 R-APBD Kabupaten Labuhanbatu telah disetujui, bahkan telah selesai di evaluasi oleh Gubernur dan kedepan kita minta supaya Kepala OPD juga mempersiapkan dokumen pelaksanaan anggaran (DPA) kalau bisa minggu pertama sudah bisa disahkan oleh Sekretaris Daerah dan pada minggu kedua selambat-lambatnya sudah bisa UP bagi OPD sehingga di 2019 tidak ada kendala dalam mengoperasionalkan pemerintahan ini.

Pantauan Onlinesumut, apel gabungan kelompok I dan II tersebut. terlihat agak sepi. Padahal dalam kegiatan itu turut Kepala Bapenda Tomi Harahap, S.Sos, M.AP, Kadis Kominfo H. Muhammad Ihsan Harahap, ST, Kepala Bappeda Drs. H. Muhammad Ridwan Rambay, M.Si, Kepala Dinas PP & PA Dra. Hj. Ernida Rambe, Kepala DLH H. Kamal Ilham, SKM, Staf Ahli Bidang Ekbang Ir. Esty Pancaningdyah, M.Si, Sekretaris Dewan Elyani Dalimunthe, SE dan Kepala Dinas PMD Labuhanbatu Zaid Harahap, S.Sos.

Penulis : Moratua Tanjung

Editor : Kemala Utari

ID:2633 Responsif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here