Para pejabat foto bersama usai peresmian Unit UPPO dan Bengkel Alat Pertanian/foto : mora

Onlinesumut-LABUHANBATU : Plt. Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT bersama Dr. Fitrah Gunadi ME selaku Fungsional Pengawas Mutu Direktorat Jenderal Tanaman Pangan RI dan Kadis Pertanian Kab. Labuhanbatu Agussalim Ritonga, SP dengan disaksikan Camat, Kepala Desa dan tokoh masyarakat serta tokoh agama maupun kelompok tani, Jum’at (28/12/2018), meresmikan Unit Pengolahan Pupuk Organik (UPPO) Kelompok Tani “Sumber Tani” dan Bengkel Alat Mesin Pertanian yang ada di Desa Sei Jawi-Jawi Kecamatan Pane Hulu.

Pada peresmian di dua tempat yang berbeda tersebut diawali dengan pembukaan selubung nama oleh Plt. Bupati Labuhanbatu dan pengguntingan pita oleh Fungsional Pengawas Mutu Direktorat Jendaral Tanaman Pangan RI disaksikan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Labuhanbatu Agussalim Ritonga, SP dan Camat Pane Hulu serta Kepala Desa Sei Jawijawi.

H Andi Suhaimi Dalimunthe dalam sambutannya mengimbau kepada kelompok tani untuk senantiasa memanfaatkan, menjaga dan merawat apa yang telah ada dan apa yang telah dibangun ini, sehingga ke depan bantuan-bantuan baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah akan terus dapat ditambah dengan bentuk yang lain.

Andi Suhaimi juga mengatakan, Inovasi-inovasi telah dilakukan dan dibuat bengkel pertanian ini dan keinginan kita kedepan khususnya kepada bapak dari kementerian.

“Tolong perhatikan kami. Saya yakin bapak tidak akan kecewa nanti, apa yang diberikan bantuan kepada kami, ini terus akan kami jaga dan kami rawat, misalnya seperti lembu, bisa kami tambahin nantinya, mudah-mudahan kedatangan bapak ini bisa membawa suatu kebaikan untuk Kabupaten Labuhanbatu”, ucap Andi.

Dipertegas Andi, khusus kepada kelompok tani, inilah salahsatu bentuk perhatian pemerintah kepada kita, gunakan fasilitas yang ada seperti alat-alat pertanian maupun bibit.

“Jangan sampai tidak kita rawat supaya diberi lagi oleh pemerintah pusat kepada kita, ini semua untuk kita, Pemerintah Pusat dan kita juga hanya memberi, ini ada mesin untuk pemanen padi yang tiap harinya bisa menghasilkan 4 Ha, ini sangat luar biasa dan berapa tenaga manusia yang dikurangi dengan adanya mesin yang dibantu oleh pemerintah pusat” jelas Andi Suhaimi.

Akhirnya Plt. Bupati Labuhanbatu mengungkapkan, bahwa kesimpulan dari pertemuan ini bahwasanya Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Pusat terus dan akan melihat dan ingin mensejahterakan masyarakat, baik itu masyarakat yang ada di desa, di dusun dan di pelosok yang ada di Kabupaten Labuhanbatu dan umumnya ada di Republik Indonesia ini.

“Semoga pemerintahan kita semakin kuat, mudah-mudahan bantuan dari pusat terus berlanjut untuk tahun-tahun yang akan datang” harap Andi.

Selanjutnya Dr. Fitrah Gunadi ME selaku Fungsional Pengawas Mutu Direktorat Jenderal Tanaman Pangan RI menjelaskan, bahwa di Desa Sei Jawijawi sangat banyak potensi ekonomi yang dapat dikemkembangkan, terutama pada sektor pertaniannya, pihaknya berharap mesin pengolahan pupuk organik yang telah diberikan dapat menjadi bagian pembangunan ekonomi di masyarakat.

“Manfaatkanlah bantuan yang ada dengan baik, agar kelompok tani dan keluarga kelompok tani yang ada di Desa Sei Jawi-Jawi ini dapat lebih sejahtera, baik kehidupan maupun ekonominya,” ucap Fitrah Gunadi.

Pada acara peresmian Unit Pengolahan Pupuk Organik (UPPO) Kelompok Tani “Sumber Tani” dan Bengkel Alat Mesin Pertanian yang ada di Desa Sei Jawijawi Kec. Pane Hulu tersebut juga turut diisi dengan peninjauan oleh Plt. Bupati Labuhanbatu dan Fungsional Pengawas Mutu Direktorat Jendaral Tanaman Pangan RI.

Penulis : Mora Tanjung
Editor : Chairul Fadly

 

ID:2633 Responsif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here