Suasana di Stasiun Besar Kereta Api Medan/ilustrasi

Onlinesumut-MEDAN : Untuk memudahkan dalam mendapatkan tiket Kereta Api serta menghindari antrean di loket stasiun, dapat melakukan pemesanan tiket Kereta Api melalui Aplikasi resmi KAI Access.

“Para pengguna jasa atau calon penumpang Kereta Api dapat mengunduh aplikasi KAI Access di App Store dan Play Store” ungkap Manager Humas PT KAI (Persero) Divre I Sumut, M. Ilud Siregar, Rabu, (26/12/2018).

Setelah mengunduh KAI Access, kata Ilud, selanjutnya diminta untuk melakukan registrasi dengan mengisi data-data tertera pada kolom aplikasi seperti nama, no KTP, tempat dan tanggal lahir, nomor HP, email, dan lain-lain.

“Lalu calon penumpang diminta untuk melakukan verifikasi akun calon penumpang yang telah dikirimkan melalui email yang telah terdaftar dan selanjutnya dapat log in dan melakukan pemesanan” sebutnya.

Ilud juga menyampaikan tata cara pemesanan tiket Kereta Api melalui aplikasi KAI Access adalah calon penumpang Klik menu INTERCITY TRAIN yang terdapat di halaman depan.

“Calon penumpang akan dibawa ke panel pencarian. Silahkan isi stasiun asal, stasiun tujuan, tanggal berangkat, kelas, dan jumlah penumpang. Misalnya calon penumpang ingin membeli tiket kereta api tujuan Rantauprapat. Harga untuk anak diatas 3 tahun berlaku harga tiket orang dewasa. Sementara tiket untuk bayi tidak mendapatkan kursi. Kemudian klik, SEARCH TICKET. Dilayar berikutnya (DEPARTURE), silahkan pilih kereta dan jadwal yang tersedia. Lalu Halaman berikutnya akan muncul ORDER CONFIRMATION atau detail informasi jadwal kereta yang kita pilih. Cek ulang lagi jadwal sudah sesuai dengan pilihan. Kemudian CENTANG tanda setuju dan mematuhi segala persyaratan dan ketentuan reservasi. Lalu, NEXT. Kemudian, akan keluar konfirmasi pemesanan dan data pemesan” rinci Ilud.

Lebih lanjut, sambungnya, calon penumpang mengisi data penumpang sesuai dengan identitas yang berlaku, dan jangan lupa membawanya untuk ditunjukkan saat akan masuk feron dan langsung pilih kursi

“Dibagian ini, calon penumpang dapat mengganti kursi default (dipilih sistem) sesuai dengan pilihannya jika persediaan masih ada. Tanda merah menandakan kursi sudah terisi, sedangkan warna biru adalah kursi calon penumpang saat ini.Untuk mengubah, klik dulu warna biru di bangku hingga berubah menjadi warna putih tanda bangku kosong. Klik bangku yang diinginkan. Kemudian simpan dan next” imbuhnya.

Selanjutnya, kata dia lagi, pilih metode pembayaran yang calon penumpang inginkan. Tersedia pembayaran melalui kartu kredit maupun pembayaran via ATM atau Payment Point.

“Setelah memilih metode pembayaran, berikutnya akan muncul dilayar smartphone calon penumpang “Selamat Pemesanan Berhasil” tutup Ilud Siregar.

Penulis/Editor : Chairul Fadly

ID:2633 Responsif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here