Kapolres Asahan AKBP Faisal Napitupulu melakukan cek personel saat Gelar Apel pasukan Ops Lilin Toba 2018/foto : ist

Onlinesumut-KISARAN : Apel Operasi Lilin Toba 2018 dalam rangka pengamanan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, digelar di Lapangan Ady Pradana Polres Asahan, Kota Kisaran, Jumat (21/12/2018).

Kapolres Asahan AKBP Faisal Napitupulu selaku nspektur upacara meminta kepada personil yang bertugas agar meningkatkan kewaspadaan dalam mengamankan perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 lewat Operasi Lilin Toba akan dilaksanakan terhitung mulai tanggal 23 Desember 2018 hingga 1 Januari 2019.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian dalam amanatnya yang dibacakan Kapolres Asahan menuturkan, pelaksanaan operasi ini menyangkut aspek personel, sarana prasarana pendukung, serta keterpaduan unsur lintas sektoral guna mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif.

Enam poin penting yang dirasakan Kapolri sangat perlu ditekankan untuk di pedomani dan dilaksanakan oleh seluruh personil yang bertugas di antaranya, pemetaan seluruh potensi kerawanan dimasing-masing wilayah yaitu dengan penentuan cara dalam melakukan tindakan yang tepat melalui penyusunan rencana oprasi yang matang.

Kemudian, kepada seluruh personel yang bertugas dalam pengamanan tingkatkan kewaspadaan dalam mencegah aksi teror dan kejahatan konvensional yang meresahkan dipusat-pusat keramaian seperti tempat ibadah dan tempat-tempat keramaian lainnya.

“Ketiga, lakukan pendekatan dengan elemen masyarakat guna mencegah terjadinya aksi swiping oleh ormas. Apabila tetap terjadi lakukan tindakan tegas yang profesional,” ucap Faisal

Keempat, lanjutnya, optimalkan penggelaran anggota ditengah masyarakat serta melakukan terobosan kreatif melalui rekayasa lalu lintas guna mengurangi dan mengurangi kecelakaan lalu lintas.

Kelima, memaksimalkan peran satgas pangan di masing masing daerah guna mewujudkan stabilitas harga pangan dan menggandeng instansi terkait. Point terakhir, perkuat sinergitas polisional dengan seluruh stakeholder terkait lain untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Faisal mengatakan 212 orang personil gabungan TNI, Polri dan instansi terkait telah disiagakan untuk mengamankan Operasi Lilin Toba 2018 di wilayah Hukum Asahan.

“Kepada semua pihak yang terlibat dalam mendukung penyelenggaraan Operasi Lilin 2018, saya ucapkan apresiasi yang sebesar-besarnya. Semoga pengabdian dan kerja keras yang telah kita lakukan dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat” pungkas Faisal.

Penulis/Editor : Chairul Fadly

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here