Plt Direktur Pelaksana PT Inalum (Persero) Oggy Achmad Kosasih bersama Wakil Bupati Simalungun Amran Sinaga/foto : ist

Onlinesumut-RAYA : PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau Inalum terus memberikan kontribusi dalam pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) dan pelestarian alam, termasuk di wilayah yang berada di sekitar Danau Toba.

Kabupaten Simalungun sebagai salah satu wilayah yang berada di sekitar Danau Toba dan dilalui oleh jaringan transmisi Inalum, turut menerima bentuk nyata semangat Inalum dalam hadir untuk negeri.

Semangat ini diwujudkan Inalum dalam berbagai program tanggungjawab sosial yang mencakup berbagai bidang.

Di bidang pendidikan dan keagamaan, produsen aluminium ini membantu renovasi Taman Bacaan di Dinas Perpustakaan Kabupaten Simalungun, serta turut membangun Islamic Center di Masjid Al Munawwarah di Kota Perdagangan.

Pada bidang pelestarian lingkungan, Inalum bersama dengan Dinas Lingkungan dan Kehutanan menggagas revitalisasi lahan melalui penanaman pohon di area seluas 10 hektar di Desa Sirube-rube.

Program ini diserahkan secara simbolis oleh Plt. Direktur Pelaksana Inalum, Oggy Achmad Kosasih kepada Wakil Bupati Simalungun, Ir. H. Amran Sinaga, M.Si dan kepada para penerima program di Aula Kantor Bupati Simalungun, Kamis (19/12) lalu.

Penyerahan ini juga dihadiri oleh Senior Executive Vice President Pengembangan Bisnis Inalum Dante Sinaga serta jajaran manajemen Inalum dan Kepala Dinas di lingkungan pemerintahan Kabupaten Simalungun.

Oggy menjelaskan, Inalum terus berkomitmen untuk menjadi mitra pemerintah dalam menciptakan lingkungan hidup yang lebih baik bagi masyarakat.

“Komitmen ini akan terus dikaji dan dikembangkan, agar seluruh program pemberdayaan masyarakat dan lingkungan kami tepat guna dan diterima oleh kelompok masyarakat yang paling membutuhkan.”

“Tahun ini anggaran CSR dan PKBL sebesar 39 miliar rupiah dan angka ini naik dari anggaran tahun lalu sebesar 31 miliar rupiah.”

“Ke depan kami juga akan mengembangkan Program Sadar Wisata yaitu Pengembangan Destinasi dan Pengelolaan Wisata serta melanjutkan program Penanaman pohon di lahan kritis di Daerah Tangkapan Air Danau Toba,” jelas Oggy.

Dante Sinaga menambahkan, selama ini program tanggungjawab sosial Inalum selalu dilaksanakan dengan koordinasi bersama dinas pemerintahan terkait.

“Kami tentu butuh masukan mengenai hal apa saja yang dibutuhkan masyarakat dan daerah mana saja yang layak untuk menjadi prioritas. Data-data ini kami dapatkan dari dinas yang terkait dan pelaksanaan program juga dilakukan, diawasi bersama-sama dengan dinas” paparnya.

Selain di kabupaten Simalungun, sambung Oggy, penyerahan program secara simbolis ini juga dilakukan di kabupaten lain yang menjadi fokus kegiatan tanggung jawab sosial Inalum.

Selain bantuan yang diserahkan secara simbolis tersebut, Inalum sebelumnya juga telah berkontribusi bagi Kabupaten Simalungun melalui bantuan beasiswa 2017 untuk tingkat SD, SMP, SMA, D3, S1, S2 sebanyak 798 penerima beasiswa,program pembibitan dan penanaman pohon di Kecamatan Dolok Pardamean.

Program rehabilitasi lahan kritis di daerah tangkapan air Danau Toba serta pembuatan Posyandu, Sumur Bor, dan Jamban/MCK untuk masyarakat.

Penulis/Editor : Kemala Utari

 

ID:2633 Responsif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here