Puluhan Kader PPP melakukan aksi di gedung dewan meminta Banmus PAW terhadap Maruli Malau dilaksanakan/foto : Sabar

Onlinesumut-BINJAI : Puluhan kader PPP, menggelar demo di gedung sementara DPRD Kota Binjai, Jl. T Amir Hamzah, Kec. Binjai Utara, Rabu (12/12/2018).

Aksi ini mereka lakukan untuk mempertanyakan alasan Ketua DPRD Binjai yang tidak melanjutkan rapat Badan Musyarawah (Banmus) untuk melaksanakan Pergantian Antar Waktu (PAW) anggota dewan Maruli Malau dari partai berlambang Kabah tersebut.

Pantauan di lapangan, setelah sebelumnya berkumpul di sekretariat partai, Jl. Mangonsidi, Kec. Binjai Kota, dengan pengawalan polisi, puluhan kader PPP lalu bergerak menuju gedung dewan.

Massa lantas menjadi areal rumah rakyat itu menjadi lokasi mimbar bebas. Mereka juga melakukan orasi untuk menyampaikan aspirasinya.

Tak lama berorasi, petugas kepolisian lantas menyarankan untuk berdiskusi di ruangan. Akhirnya, 10 perwakilan dari kader PPP diperkenankan masuk untuk berdiskusi dengan Wakil Ketua DPRD Binjai M Sajali serta sejumlah anggota dewan lainnya.

Dalam pertemuan itu, salah seorang kader PPP bernama Supardi mengaku bahwa persoalan Maruli Malau sudah selesai secara internal di partai.

Bahkan, surat keputusan Gubsu untuk melakukan PAW dan melantik penggantinya, sudah dikelaurkan beberapa hari yang lalu.

“Kami hanya ingin ketegasan. Kenapa Banmus yang sudah korum tidak dilanjutkan. Jangan lagi dipelintir untuk dipolitisasi,” ungkap Supardi.

Pertemuan sempat berlangsung tegang, ketika Wakil Ketua DPRD M Sajali meminta waktu untuk memutuskan. Namun para kader PPP terus mendesak untuk mendapatkan jawaban pasti.

Untuk meredam emosi massa, M Sajali akhirnya melakukan koordinasi via seluler dengan Ketua DPRD Binjai Zainuddin Purba untuk secepatnya mengambil kebijakan.

Karena belum ada juga keputusan, puluhan massa itupun berniat ingin mendatangi kediaman Ketua DPRD, namun dicegah Sajali. Perdebatan pun tak terhindarkan, hingga akhirnya Irhamsyah Putra Pohan anggota dewan dari PPP hadir menenangkan massanya.

Sembari menunggu putusan Ketua DPRD Binjai, para kader PPP itu memilih bertahan di halaman gedung dewan. Sementara, M Sajali dan Irhamsyah meninggalkan kantornya untuk mendatangi kediaman Ketua DPRD Binjai di Kec. Binjai Selatan.

Hingga berita ini dilansir, belum ada keputusan dari Ketua DPRD Binjai untuk menyahuti aspirasi massa.

Penulis : Sabar S
Editor : Chairul Fadly

 

ID:2633 Responsif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here