Ribuan Umat Muslim di Binjai yang menggelar Aksi Bela Tauhid turut turun ke jalan menuntut aparat kepolisian mengusut tuntas kasus pembakaran bendera bertuliskan Tauhid oleh oknum anggota Banser di Garut, Jawa Barat/ foto : Chairul

Onlinesumut-BINJAI : Gelombang protes terkait pembakaran bendera berkalimat Tauhid di Garut, Jawa Barat yang dilakukan sejumlah oknum anggota Banser, juga berlangsung di Kota Binjai, Sumatera Utara, Jumat (26/10/2018).

Mengusung tema ‘Aksi Bela Tauhid’, dalam aksinya, massa yang berasal dari berbagai ormas Islam, terlihat melakukan longmarch dari Masjid Agung Jl. Soekarno-Hatta usai melaksanakan Salat Jumat.

Tak hanya mengusung ribuan bendera bertuliskan Tauhid dan mengenakan pengikat kepala, massa yang memusatkan aksinya di Mapolres Binjai, turut membawa spanduk berukuran raksasa.

Di depan Mapolres Binjai, massa Majelis Mujahidin Kota Binjai dan beberapa ormas islam lainnya yang menjadi motor aksi, secara tegas menuntut pelaku pembakaran bendera bertuliskan kalimat Tauhid diproses sesuai hukum.

Dalam mimbar bebas yang mereka gelar, massa juga meluapkan kekecewaannya karena melihat di media televisi para pelaku justru dibebaskan

“Kami meminta pelaku pembakaran bendera bertuliskan Tauhid ditangkap dan kami meminta pemerintah membubarkan Banser karena telah melanggar UU Ormas” teriak massa.

Guna mengantisipasi segala bentuk provokasi, Ustadz Saiful Saba atau yang dikenal dengan sapaan Abu Imam sebagai Koordinator Aksi Bela Tauhid mengintruksikan kepada seluruh massa untuk tertib dan menjaga keamanan sepanjang aksi.

Kapolres Binjai AKBP Donald Simanjuntak bersama 350 personelnya juga terlihat turun langsung mendampingi dalam pengamanan Aksi Bela Tauhid.

“Kami sangat mengapresiasi massa yang hadir tetap menjaga kekondusifan aksi hingga berjalan aman dan lancar” ucap Donald.

Dandim 0203 Langkat Letkol Inf. Deni Eka Gustiana juga terlihat berada di tengah massa melakukan pengamanan aksi.

Mantan Kapolres Samosir itu juga terlihat menerima massa aksi masuk ke lingkungan Mapolres. Di hadapan massa, Donald berjanji akan meneruskan aspirasi pengunjukrasa.

“Terima kasih kepada Bapak Kapolres, Dandim 0203 Langkat yang turut melakukan pengamanan dan telah bersusah payah mengamankan dan menerima aspirasi kami dari massa Bela Tauhid” ucap Abu Imam sebelum massa akhirnya membubarkan diri dengan tertib.

Penulis : Chairul Fadly
Editor : Teuku Yudhistira

ID:2633 Responsif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here