Manager PLN UP3 Rantauprapat Rizal Azhari (tengah) menyalakan lampu di rumah warga Dusun Suka Maju, Labusel sebagai tanda sudah teraliri listriknya kawasan itu setelah 73 tahun warganya hidup dalam kegelapan/foto : ist

Onlinesumut-LABUSEL : PT. PLN (Persero) Unit Induk Wilayah kembali membuktikan perannya dalam memaksimalkan target Sumatera Utara terang 100 persen di tahun 2019.

Karena, sehari jelang peringatan Hari Listrik Nasional ke-73 yang kali ini mengambil tema ‘Prestasi Nyata Terangi Indonesia’, PLN UP3 Rantauprapat bersama Pemkab Labuhanbatu Selatan (Labusel), Jumat (26/10/2018), meresmikan jaringan listrik pedesaan di Dusun Suka Maju, Desa Air Merah, yang berada di Kec. Kampung Rakyat, Kab. Labuhanbatu Selatan yang telah selesai dibangun.

Selain Manajer PLN UP3 Rantauprapat Rizal Azhari, dan Manajer Unit Layanan Pelanggan Aek Nabara, Dedy Evandry Bangun, turut hadir dalam kegiatan itu perwakilan pihak Pemkab Labuhanbatu Selatan yakni Kabag Pembangunan, Adam Paiman serta perwakilan Kecamatan Kampung Rakyat, Amin Harahap.

Dalam sambutannya pada peresmian ini, Manajer PLN UP3 Rantauprapat Rizal Azhari mengatakan, bahwa hal ini merupakan kado dari PLN di perayaan Hari Listrik Nasional ke 73 bagi Masyarakat Dusun Suka Maju yang belum pernah menikmati listrik sejak Indonesia merdeka 73 tahun lalu.

“Kami ucapkan selamat kepada 38 KK di Desa Suka Maju yang sekarang sudah teraliri listrik” ucap Rizal.

Tidak hanya sebatas ini, kata Rizal, karena pibaknya juga akan bekerjasama dengan pemerintah untuk terus mengejar seluruh desa-desa maupun dusun-dusun yang belum berlistrik hingga pada 2019.

“Mohon dukungan agar target kami seluruh desa dan dusun di Sumatera Utara berlistrik 100% di tahun 2019 bisa terwujud, sehingga dapat membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat, mengupayakan agar tenaga listrik menjadi pendorong kegiatan ekonomi dan memberikan kebahagiaan yang dirasakan oleh masyarakat seperti yang kini dirasakan masyarakat Dusun Suka Maju ini” harapnya.

Atas kepedulian PLN ini, masyarakat dari Dusun Suka Maju, yang diwakili oleh pemuka masyarakatnya bernama Syafii, mengatakan bahwa mereka sangat bersyukur sekali dengan tersambungnya dusun mereka dengan aliran listrik.

“Sekarang kami tidak terganggu dengan penggunaan genset yang bising saat malam hari, sehingga dapat membantu aktifitas bekerja sehari-hari, dan juga dapat menolong anak-anak untuk lebih mudah belajar dan mengikuti teknologi” ucapnya.

Sementara Kabag Pembangunan Pemkab Labusel, Adam Paiman mengatakan bahwa Pemerintah Daerah siap membantu PT. PLN (Persero) agar pembangunan jaringan listrik dapat terbangun secara menyeluruh ke semua desa-desa dan dusun-dusun yang belum teraliri listrik.

Peresmian ini sendiri ditandai dengan pemotongan pita, penyalaan perdana rumah warga yang kini sudah teraliri listrik dan diakhiri dengan pemotongan tumpeng sebagai rasa syukur bahwa Dusun Suka Maju telah teraliri listrik.

Rangkaian kegiatan akhirnya ditutup dengan pemberian piagam penghargaan oleh Pemkab Labuhanbatu Selatan kepada pihak PLN dan berfoto bersama.

Penulis/Editor : Kemala Utari

(tulisan ini turut diikutsertakan dalam Kompetisi Menulis PLN yang digelar PLN UIW Sumut bertema “Prestasi Nyata PLN Terangi Indonesia” dalam rangka peringatan Hari Listrik Nasional ke-73)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here