PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) I melalui Terminal BBM Pematangsiantar, menyerahkan bantuan berupa Program Corporate Social Responsibility (CSR) untuk Pemberdayaan Masyarakat di bidang usaha Es Krim dan Susu Kambing, Rabu (5/9/2018) di Kantor Kepala Desa Banjar, Kec Siantar Barat, Pematangsiantar/ist

Onlinesumut-PEMATANGSIANTAR : PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) I melalui Terminal BBM Pematangsiantar, meresmikan Program Corporate Social Responsibility (CSR) untuk Pemberdayaan Masyarakat di bidang usaha Es Krim dan Susu Kambing, Rabu (5/9/2018) di Kantor Kepala Desa Banjar, Kec Siantar Barat, Pematangsiantar.

Program CSR untuk Pemberdayaan Masyarakat ini adalah sebagai program bantuan yang bertujuan untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat sekitar dengan harapan agar masyarakat mendapatkan keterampilan untuk bekal mendapatkan peluang kerja atau wirausaha di bidang olahan susu kambing dan es krim.

Operation Head (OH) Terminal BBM Pematangsiantar, Andrie Buana dalam kesempatan ini mengungkapkan bahwa sebagai salahsatu perusahaan BUMN terbesar di Indonesia, Pertamina memiliki dua tanggungjawab besar.

“Pertama untuk meningkatkan profit dalam rangka meningkatkan kesejahteraan negara, sedangkan yang kedua adalah melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan. Peran dan tanggungjawab sosial Pertamina dilaksanakan salah satunya melalui SME & SR (Small Medium Enterprise & Social Responsibility) Partnership Program atau lebih dikenal dengan sebutan PKBL (Program Kemitraan dan Bina Lingkungan)” ungkap Andrie Buana.

Andrie juga menjelaskan bahwa Program Kemitraan ditujukan untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil mitra binaan Pertamina agar menjadi tangguh dan mandiri sekaligus memberikan efek multiplier bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar wilayah operasi Pertamina. Hal tersebut diharapkan akan dapat mendukung kegiatan usaha Pertamina maupun mitra bisnis. Sedangkan Program Bina Lingkungan adalah program pemberdayaan kondisi sosial masyarakat di sekitar wilayah operasi Pertamina melalui pemanfaatan dana dari bagian laba BUMN dan bersifat hibah.

Sementara itu, Unit Menager Communication & CSR PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) I, Rudi Ariffianto mengungkapkan bahwa komitmen Pertamina dalam melaksanakan Tanggungjawab Sosial Lingkungan (TJSL) diwujudkan dalam berbagai kegiatan CSR yang meliputi bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan, infrastruktur, pemberdayaan masyarakat, manajemen bencana, maupun bantuan khusus.

“Realisasi kegiatan dilaksanakan oleh seluruh unit kerja fungsi CSR Pertamina, baik di unit operasi, Pertamina mengimplementasikan program CSR untuk tujuan people, planet, and profit atau (3P)” tambah Rudi.

Rudi juga menjelaskan bahwa tujuan ini menjadi fokus Pertamina dalam menjalankan operasinya, dimana produk-produk yang dikembangkan dan jasa yang diberikan peduli terhadap kelestarian lingkungan khususnya bumi untuk kepentingan dan masa depan generasi yang akan datang. OS-tina/01

ID:2633 Responsif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here