Onlinesumut-MEDAN : Pangdam I/BB Mayjen TNI Muhammad Sabrar Fadhilah bersama Kasdam I/BB Brigjen TNI Hassanudin malaksanakan shalat Idul Adha bersama prajurit, PNS dan masyarakat sekitar. Ibadah ini sekaligus dalam rangka meningkatkatkan keimanan dan ketaqwaan guna membentuk prajurit porfesional, rela berkorban dan manunggal dengan rakyat.

Kemudian Sabrar menyampaikan apa yang disampaikan Ustaz Iwan Nasution bahwa kita semua harus mengambil hikmah dari peristiwa Idul Adha dan mencontoh suri ketauladanan Nabi Ibrahim yang begitu taat menjalankan perintah Allah.

“Teladan ini harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Prajurit pada prinsipnya merupakan orang-orang yang tertib dan displin agamanya, tugasnya mulia. Mengikuti kegiatan agama dengan baik dan penuh keyakinan itu wajib bagi prajurit,” tegasnya, Rabu (22/8).

“Untuk tahun ini, Kodam I/Bukit Barisan menyembelih 10 ekor hewan qurban terdiri dari lima ekor lembu dan kambing,” sambung Sabrar.

Sementara Ustaz Iwan Nasution dalam ceramahnya menyampaikan, Nabi Ibrahim AS merupakan ayah sekaligus hamba Allah yang lurus, berhati lembut dan penyantun. Beliau seorang Nabi dengan teladan kepemimpinan yang mencerahkan. Sedangkan sang anak, Nabi Ismail AS merupakan seorang anak yang sabar dan berbakti kepada kedua orangtua dan taat kepada Allah.

Katanya, Idul Adha menjadi momen mengambil hikmah dan mau’izah dari keluarga Nabi Ibrahim AS. Menjadi orang yang memiliki akidah dan tauhid yang kuat, tidak pernah bersekutu dengan sesuatu apapun. Menjaga kebiasaan untuk bermusyawarah dalam mengambil keputusan, serta mengorbankan harta, jiwa bahkan raga demi menjunjung tinggi perintah Allah.

“Sehingga terbentuklah pribadi yang insanul kamil, terbentuklah prajurit yang profesional, rela berkorban, dan manunggal dengan rakyat dalam bingkai NKRI,” kata Iwan. OS-Tina/02

ID:2633 Responsif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here