Petugas pemadam kebakaran saat menyiramkan api di lokasi TPS/foto : dly

Onlinesumut-MEDAN : Warga di seputaran Perumnas Mandala, Jl Trikora II, Kelurahan Tegal Sari Mandala II, Kec Medan Denai, mendadak berhamburan keluar rumah. Kepanikan itu terjadi ketika kepulan asap tebal disertai kobaran api tiba-tiba saja muncul di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang berada di kawasan itu, Rabu (15/8/2018) sekitar pukul 13.20 wib.

Khawatir kobaran api menjalar ke pemukiman warga yang berada tepat disamping TPU itu, warga lantas secara bahu membahu menyiram api dengan air dan alat seadanya. Tapi sebaliknya, tiupan angin kencang, malah membuat api semakin membesar hingga membuat warga panik.

Melihat itu, warga kemudian meneruskan informasi tersebut ke petugas pemadam kebakaran. Tak lama, 2 mobil petugas pemadam kebakaran dan tim BPBD Kota Medan tiba di lokasi. Selang beberapa menit berjibaku dengan api, akhirnya kobaran api berhasil dipadamkan.

Setelah api padam, personel Polsek Medan Area, yang mendapat informasi dari Lurah Tegasl Sari Mandala II, S. Zebua, tiba di lokasi guna mengamankan lokasi. Dan tempat kejadian perkara aman terkendali.

Menurut keterangan polisi, pihaknya sudah mengumpulkan keterangan saksi-saksi yang ada di TKP. Namun,  tak ada satupun warga yang mengetahui asal api. Begitu juga dengan siapa yang melakukan pembakaran sampah sehingga api menjadi berkobar.

“Atas informasi tersebut anggota  mendatangi TKP dan ternyata apinya sudah dipadamkan dengan menggunakan 2 unit mobil Damkar. Sampai saat ini, asal api tidak ada yang mengetahui. Namun tidak ada korban jiwa dan korban material dari kejadian itu,” sebut, Kanit Reskrim Polsek Medan Area, Iptu P Hutagaol.

Sementara itu, Koordinator BPBD Kota Medan, M. Yunus menambahkan, bahwa api dapat dipadamkan sekitar setengah jam dari kejadian. “Tumpukan sampah yang berada di tempat pembuangan sampah sementara yang terbakar. Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan petugas,” Katanya. OS-05/01

 

ID:2633 Responsif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here