Bacaleg Partai Demokrat (atas) dan Bacaleg Partai Golkar (bawah) berfoto bersama dengan Komisioner KPU dan Panwaslih Nias Utara usai menyerahkan berkas pencalegan/edy

Onlinesumut-NIAS UTARA : Hingga hari terakhir pendaftaran Badan Calon Legislatif (Bacaleg) di Kab Nias Utara, dari 16 partai politik (parpol) yang bakal berlaga pada Pemilu 2019 mendatang, hingga kini baru 7 parpol yang sudah menyerahkan berkas pencalonannya yakni PAN, Hanura, Demokrat, PKPI, Perindo, Golkar dan Nasdem.

Namun proses penyerahan berkas itu justru diwarnai keluhan parpol. Partai Demokrat misalnya, yang menyebut buruknya jaringan internet di wilayah Nias Utara telah memperlambat pendaftaran sehingga baru daftar di hari terakhir.

“Kita sangat kesulitan dalam penginputan data bacaleg dikarenakan jaringan internet disini tidak bagus dan ini sudah berlangsung lama,” tutur Hisikia Harefa, Ketua Demokrat Nias Utara usai daftar di KPU setempat. Selasa (17/07/2018).

Kata Hisikia, Partai Demokrat mendaftar secara serentak di seluruh Indonesia pada hari terakhir.

“Semua tingkatan partai demokrat, hari ini serentak daftar ke KPU,” ucapnya.

Ia juga menggaransi bahwa Bacaleg Partai Demokrat memiliki latar belakang yang mumpuni dan tidak diragukan untuk bertarung memenangkan kursi DPRD.

“Kita targetkan kursi paling terbanyak di DPRD Nias Utara dimana pada pileg 2014 Partai Demokrat tujuh kursi. Semua bacaleg tidak diragukan dengan berbagai latar belakang yang mumpuni,” tegas Ketua DPRD Nias Utara itu.

Komisioner KPU Nias Utara, Haogolala Gea juga mengaku di Nias Utara jaringan internet buruk sehingga salah satu penyebab lambatnya pendaftaran bacaleg.

“Semua partai mengeluh karena jaringan internet buruk dan mungkin ini salah satu kendala parpol,” ujar Haogolala.

Hingga pukul 24.00 Wib malam ini, pendaftaran masih dibuka KPU sembari berharap semua parpol dapat menyerahkan berkas bacaleg lainnya.

“Kita tutup nanti jam 24.00 Wib dan setelah itu kita tolak,” tandas Haogolala. OS-ed/01

ID:2633 Responsif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here