Onlinesumut-MEDAN : Kubu pasangan calon (paslon) Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah, Rabu (27/6/2018), larut dalam euforia, setelah sejumlah lembaga survei yang melalukan quick count (hitung cepat), memastikan pasangan berjuluk Eramas ini, menang telak atas pesaingnya Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus dalam Pilkada serentak.

Dari catatan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) pada Pilgub Sumut 2018, pasangan nomor urut 1 memperoleh suara mencapai 56,52%. Sedangkan Djoss yang menduduki nomor urut 2, hanya memperoleh 43,48%.

“Dari hasil akhir quick count Eramas lebih unggul dibandingkan Djoss,” ungkap Peneliti Senior LSI, Rully Akbar yang ditemui di Hotel Danau Toba Medan, Rabu (27/6/2017).

Menurut Rully, hasil ini diperoleh dari hasil 350 TPS pada seluruh kabupaten/kota yang dijadikan sample data pada proses quick count tersebut. Adapun TPS ini lanjut dia, tersebar di seluruh kabupaten/kota di Sumut.

Ia juga memastikan, hasil hitung cepat ini merupakan hasil yang menjadi kesimpulan akhir. Kendati demikian, real count (penghitungan faktual) Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang menjadi penentu nantinya.

“Begitupun kami sangat yakin bahwa margin error dari hasil hitung cepat kami hanya 1%. Artinya kemungkinan perubahannya hanya 1%,” tutur Rully.

Terpisah, menanggapi hasil quick count, Ketua KPU Sumut, Mulia Banurea mengatakan bagi yang menang berdasarkan survei quick count jangan euforia dulu, karena hasil quick count bukanlah hasil resmi dari KPU Provinsi Sumut.

“Tetaplah menunggu hasil proses rekapitulasi perolehan suara paslon gubsu dan wagubsu yang dilakukan secara berjenjang mulai dari KPPS, PPK kabupaten/kota, dan rekapitulasi di tingkat provinsi,” imbau Mulia.

Dalam hal ini, Mulia juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat pemilih Sumut, termasuk Polda Sumut, Pj Gubsu, serta instansi lain yang telah mendukung dan mengikuti proses pemungutan suara pada pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut.

“Siapapun nanti yang terpilih menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut, itulah Gubernur pilihan dari masyarakat Sumut, “ ujar Mulia. OS-tari/01

ID:2633 Responsif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here