Onlinesumut-NIAS UTARA : Sebanyak 126 orang calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Selasa, (21/02/2017), mengikuti ujian tes tertulis yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nias Utara, Sumatera yang digelar di SMK Negeri 1 Lotu.

Para calon PPK yang dipersiapkan untuk Pemilu 2019 tersebut, terdiri dari 11 kecamatan di Nias Utara. Dari 126 tinggal 66 calon nantinya yang akan diumumkan untuk mengikuti tes wawancara.

“Setelah melalui tahapan perekrutan dan seleksi administrasi, dinyatakan 126 orang berhak mengikuti ujian tertulis PPK pemilu 2019 mendatang” ucap Otorius Harefa, salahseorang komisioner KPU kabupaten setempat.

Kata Otorius, tes tertulis yang dilaksanakan oleh penyelenggara rekrutmen dari KPU diawasi langsung oleh Panwaslu Nias Utara. Para peserta juga diberikan tes berupa lembaran soal yang mesti dijawab dengan benar oleh peserta.

“Tes tertulis cuma satu hari, tes wawancara akan kita lakukan setelah pengumuman tes tertulis” tutur Harefa.

Dijelaskannya, sesuai UU No 7 tahun 2017, jumlah PPK yang akan diterima hanya sebanyak tiga orang tiap kecamatan, dimana sebelumnya jumlah anggota PPK ada lima orang. Dengan demikian, dari 126 orang yang ikut tes tertulis ini, hanya diterima 33 orang dari 11 kecamatan yang ada.

“Tanggal 23 Februari 2018 nanti akan diumumkan siapa yang lulus ujian tertulis dan tahapan selanjutnya akan mengikuti seleksi wawancara tanggal 25 – 26 Februari 2018 kedepan,” terangnya.

Ia juga menegaskan tes anggota PPK ini dilakukan secara terbuka untuk umum, dan tidak ada kendala selama ini, semua tahapan masih berjalan dengan baik.

“Kita terbuka untuk umum, kita mencari yang punya dedikasi sebagai penyelenggara pemilu yakni angggota PPK pada pemilu 2019 nanti” tegasnya. OS-ed

ID:2633 Responsif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here