Onlinesumut-MEDAN : Sidang perdana gugatan sengketa pilkada yang diajukan oleh bakal pasangan calon gubernur/wakil gubernur JR Saragih-Ance Selian, dijadwalkan akan digelar hari ini, Selasa (20/2/2018) di kantor Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sumut di Jalan Adam Malik No 193 Medan.

Jadwal itu dilontarkn oleh Ketua Bawaslu Sumut melalui Divisi Penindakan dan Pelanggaran Hardi Munte.

“Iya hari ini akan dibuka sidang perdana musyawarah penyelesaian sengketa pemilihan gubernur dan wakil gubernur, rencana akan dibuka sekitar pukul 15.00 wib,” kata Hardi.

Sidang sengketa pilkada ini sendiri digelar, setelah kemarin Senin, 19 Februari 2018, pihak JR-Ance telah melengkapi kekurangan berkas ke Bawaslu. Kelengkapan berkas tersebut diantar oleh beberapa oleh tim hukum JR Saragih-Ance.

Pada saat mengantar kelengkapan berkas tersebut, tim hukum JR Saragih-Ance yang datang ke kantor Bawaslu, yakni Ikhwaluddin Simatupang, SH. M.Hum, Qodirun, SH CPL, dan Dingin Pakpahan, SH.

Hardi menjelaskan, nantinya persidangan akan dihadiri oleh kedua belah pihak. Keputusan sidang berdasarkan fakta yang ada pada persidangan. Apabila sudah putus maka sifat keputusannya mengikat kepada kedua belah pihak.

“Sidangnya nanti dihadiri kedua belah pihak, penggugat dan tergugat. Sedangkan Bawaslu sebagai penengah. Jika nanti keputusan misalkan meloloskan pihak JR Saragih-Ance, maka KPU wajib menjalankan hasil keputusan tersebut,” jelas Hardi.

Namun sambungnya, jika keputusan itu tidak meloloskan pihak JR Saragih-Ance, maka untuk mendapat rasa keadilan, pihak JR Saragih-AnceĀ  diberi kesempatan menempuh jalur gugatan ke PT-TUN.

Saat ini terpantau di Bawaslu Sumut telah disiagakan sejumlah personel kepolisian dari Satuan Sabhara, Brimobda Sumut dan personel Polsek Medan Barat berseragam lengkap. OS-01

ID:2633 Responsif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here