Onlinesumut-MEDAN : Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumatera Utara (Ditresnarkoba Poldasu) kembali berhasil mengungkap sindikat jaringan internasional, Jumat (5/1/2018).

Selain menyita sabu-sabu seberat 15 kilogram dan sejumlah barangbukti lainnya, petugas juga menembak mati tiga pelaku dari lima anggota sindikat yang ditangkap.

Berdasarkan data dari pihak kepolisian, jaringan narkoba internasional dengan rute Malaysia, Pekan Baru dan Riau ini diungkap lewat operasi yang berlangsung sejak tanggal 3 hingga 5 Januari 2018 .

Penangkapan pertama berlangsung di Jalan Bunga Sakura, Kelurahan Tanjung Selamat, Kecamatan Medan Sunggal dan di Jalan Pemasyarakatan No 71, Desa Lalang, Kecamatan Sunggal, Deliserdang.

Dalam penyergapan, petugas berhasil membekuk seorang tersangka bernama Azhari (35), asal Aceh yang bermukim di
Jalan Pemasyarakatan, Sunggal.

Seluruh BB yang disita petugas dari sindikat pengedar narkoba jaringan internasional/ist

Dari tangan tersangka, turut disita barangbukti empay bungkus plastik warna kuning Guanyinwang dengan berat keseluruhan 4 Kg. 2 unit ponsel. 7 buku rekening dan satu unit sepeda motor matic Yamaha Mio Soul BK 2599 CW.

Dari penangkapan itu, Subdit2 unit 1 melakukan pengembangan pada tanggal 4 Januari 2018.

Dua lokasi di Jalan Asia tepatnya di Bank BCA Bakaran Batu, Kecamatan Medan Area dan di Jalan Imam bonjol depan tepatnya pintu gerbang vihara borobudur Kecamatan Medan Maimon Kota Medan.

Empat tersangka berhasil dibekuk diantaranya Tan Siong Tiong alias Tiong (45), warga Dusun II, Jalan Binjai Km 15,5 No 2, Kelurahan Sumber Melati Diski, Kecamatan Sunggal, Deliserdang. Joni alias Aguan (47), penduduk Jala Bajak V No 6 Mariendal, Kecamatan Patumbak, Deliserdang.

Kemudian, Susantono alias Santo (37), warga Jalan Sampali, Gang Tenggiri, Medan dan Mangga Besar 5 No 21, Jakarta. Chin Yoo Fah alias Acin (57) warga negeri jiran, beralamat di Simpang Jalong Sungai Siput Perak Malaysia.

Dari penangkapan empat tersangka ini, disita barangbukti berupa sabu-sabu 11 bungkus plastik warna kuning Guanyinwang dengan berat total 11 kg. Delapan unit handphone, selembar KTP dan sebuah pasport atas nama Chin Yoon Fah.

Dalam penangkapan itu juga, tiga tersangka antara lain Chin Yoon Fah alias Acin, Joni alias Aguan dan Tan Siong Tiong alias Tiong tewas setelah ditembak petugas dan tersangka lainnya tersungkur setelah timah panas petugas menembus kaki mereka.

Seluruh tersangka selanjutnya dievakuasi ke RSU Bhayangkara Medan, termasuk jasad tiga tersangka yang tewas kini disemayamkan di ruang instalasi jenazah. Namun sejauh ini belum ada keterangan resmi dari pihak Poldasu. OS-01

ID:2633 Responsif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here