Onlinesumut-MEDAN: Pasangan suami istri Muhammad Bobby Afif Nasution dan Kahiyang Ayu akan tiba di Kota Medan. Mereka akan langsung menuju kediaman orang tua Bobby di Bukit Hijau Regency (BHR), Komplek Setia Budi Medan dan disabut dengan prosesi adat pertama, Haroan Boru.

Paman Bobby, Erwan Nasution mengatakan, pesta di Solo menggunakan adat Jawa, maka pesta di Medan menggunakan adat Mandailing karena Bobby berasal dari suku ini. Sekaligus menjaga adat istiadat Mandailing yang sudah beratus tahun umurnya.

Prosesi adat pertama adalah menerima kedatangan pengantin di rumah mertua yang disebut Haroan Boru.

“Sebelum menikah dengan Bobby, Kahiyang sudah beberapa kali berkunjung ke rumah orang tuanya. Tapi hari ini, adalah hari pertama Kahiyang sebagai istri Bobby berkunjung ke rumah mertuanya. Untuk menyambut kedatangannya diadakanlah acara adat Haroan Boru,” kata Erwan kepada wartawan, Sabtu (18/11).

Dijelaskannya, sebelum Bobby dan Kahiyang beserta keluarganya dari Solo tiba maka di rumah Bobby, sanak keluarga dan para pengetua-pengetua adat sudah berkumpul. Begitu sampai di depan pintu, keduanya akan disambut Ibu Bobby, Ade Hanifah Siregar.
Ade-lah yang menuntun masuk ke dalam rumah kemudian didudukkan di tempat yang telah disediakan.

Di pintu rumah telah disiapkan berbagai jenis tumbuhan antara lain batang pisang yang harus diinjak Kahiyang saat memasuki rumah. Maknanya, kehadiran Kahiyang di rumah mertuanya membawa suasana kesejukan dan kedamaian. Karenanyalah batang pisang itu diistilahkan ‘dingin dingin’.

Setelah itu, Bobby dan Kahiyang duduk di atas Amak Lampisan, yaitu tikar adat yang terdiri dari beberapa lapis.

“Acara selanjutnya kata sambutan dari kedua keluarga. lntinya menyatakan kegembiraan serta ucapan syukur. Gembira karena Kahiyang sudah datang di rumah mertuanya, sudah┬áresmilah menjadi bahagian keluarga besar Nasution,” ungkapnya.

Kemudian, Kahiyang dan Bobby disuguhi beberapa jenis makanan adat seperti ‘ltak bersantan’. Haroan Boru ditutup dengan mendengar Pasu-pasu atau nasehat mengandung restu yang disampaikan pimpinan sidang yang disebut Raja┬áPanusunan. OS-03

ID:2633 Responsif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here